Jumat, 29 Maret 24

Breaking News
  • No items

Mampu Atasi Ekonomi di Tengah Pandemi, Survei PSI: Airlangga Dipilih Sebagai Capres 2024

Mampu Atasi Ekonomi di Tengah Pandemi, Survei PSI: Airlangga Dipilih Sebagai Capres 2024
* Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto. (Foto: Instagram Airlangga Hartarto)

Obsessionnews.com – Panel Survei Indonesia (PSI) menggelar survei jajak pendapat dengan tema, ‘Pengaruh Pemulihan Ekonomi terhadap Preferensi Masyarakat pada Pemilu 2024’.

Direktur Eksekutif PSI Ahmad Loksukon mengatakan, hal ini bisa menjadi ukuran bagi preferensi masyarakat dalam menentukan pilihannya di pemilu 2024. Karena itu PSI melaksanakan survei jajak pendapat untuk mengukur preferensi publik yang dipengaruhi oleh kinerja penanggulangan Covid 19 dan pemulihan ekonomi.

Baca juga: Airlangga Hartarto Peroleh Penghargaan Obsession Awards 2020 Kategori Best Minister

“Artinya masyarakat sudah punya ukuran yang jelas dalam menentukan preferensinya untuk memilih tokoh sebagai presiden di pilpres 2024 dan masyarakat tidak lagi memilih seperti memilih kucing dalam karung,” ujar Loksukon dalam keterangan tertulisnya, Senin (21/11/2022).

Survei ini dilakukan sejak 27 Oktober sampai dengan12 November 2022, survei ini menggunakan teknik wawancara tatap muka dengan responden terpilih di 34 Provinsi dan Populasi survei ini adalah seluruh warga negara Indonesia yang punya hak pilih dalam pemilihan umum, yakni mereka yang sudah berusia 17 tahun atau lebih, atau sudah menikah ketika survei dilakukan.

Dari populasi itu dipilih secara random (stratified multistage random sampling) 2.100 responden. Margin of error survei dengan ukuran sampel tersebut diperkirakan sebesar ± 2,14% pada tingkat kepercayaan 95% (asumsi simple random sampling).

“Hasil survei menunjukan dari 2.100 responden terpilih sebanyak 79,6 % menyatakan puas dengan hasil kinerja pemulihan ekonomi nasional akibat dampak covid 19 dimana perekonomian dilevel bawah dan menengah mulai bangkit dan bergairah, hasil ini simetris dengan pencapaian pertumbuhan ekonomi nasional dan 14,1% tidak puas sementara 6,3% tidak menjawab,” kata Loksukon.

Dia menjelaskan, sosok Presiden yang diinginkan masyarakat jika pemilu 2024 digelar menurut hasil survei tergambar bahwa sebanyak 70,2% sosok yang sudah memiliki kemampuan dan pengalaman dalam menangani perekonomian negara dan pembangunan nasional dan sudah nyata keberhasilannya dalam menangani pemulihan ekonomi kemudian sosok yang populer dikenal oleh masyarakat hanya dipilih sebanyak 15,7%, kemudian sebanyak14,1% sosok yang merakyat.

Baca juga: FOTO Airlangga Hartarto Pimpin Rakor Tentang Pangan

“Hasil Survei menunjukan bahwa preferensi publik jika Pilpres digelar hari ini, nama Airlangga Hartarto menjadi kandidat terkuat presiden Indonesia. Sebanyak 19,7% responden memilih Airlangga Hartarto melalui pertanyaan terbuka, ” ujarnya.

Kandidat terkuat kedua 11,6 % responden adalah Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat ini dan di urutan ketiga Menteri Pertahanan Prabowo Subianto yang dipilih sebanyak 11,3%. Anies Baswedan 9,7%.

Selanjutnya diurutan keempat Kepala KSP Moeldoko 5,6%, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar 3,9%. Kemudian, nama-nama gubernur yang masih menjabat juga masuk dalam daftar, yaitu Khofifah Indar Parawansa 3,4% dan Ridwan Kamil 3,2%.

Selanjutnya, Ketua DPR RI Puan Maharani 3,1% dan Sandiaga Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sekaligus pasangan Prabowo dalam Pilpres 2019, berada di posisi enam dengan persentase sebesar 2,7 %. Kemudian, disusul Agus Harimurti Yudhoyono dengan suara responden sebesar 2,2% dan Menteri BUMN Erick Thohir 1,5% dan yang tidak memberikan pilihan sebanyak 22,1%.

“Hal yang sama terdapat pada pertanyaan tertutup dengan diberikan simulasi nama nama pada kertas kuisioner dengan diberikan pertanyaan jika Pilpres digelar hari ini tokoh mana tertera di atas yang akan dipilih?” imbuhnya.

Sementara itu, kandidat terkuat yang terpilih dalam survei ini adalah Airlangga Hartarto 25,3% dan pada posisi kedua diraih Ganjar Pranowo 17,2%, dan Prabowo Subianto 16,8%, Anies Baswedan 6,4%, Puan Maharani 5,2%, Erick Thohir 4,1%, Muhaimin Iskandar 2,4%, Agus Harimurti Yudhoyono 2,2%, Sandiaga Uno 1,3% dan tokoh lainnya sebanyak 6,2% dan yang tidak memberikan pilihan sebanyak 12,9%.

Baca juga: Airlangga Hartarto Terima Penghargaan ‘Obsession Awards 2018’  Kategori  ‘Best Achiever in Ministries’

Menanggapi hasil survei PSI terkait munculnya nama Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto sebagai calon presiden yang menjadi pilihan masyarakat, Professor Alfa University College (AUC) Malaysia dan pakar komunikasi politik dari Universitas Esa Unggul (UEU) Prof Erman Anom mengatakan, survei yang dilakukan PSI membuktikan bahwa Airlangga masih menjadi sosok yang diinginkan sebagai calon presiden pada tahun 2024.

“Ya survei PSI itu menunjukkan bahwa Airlangga sosok yang diharapkan untuk melanjutkan kepempimpinan Presiden Jokowi, karena pengalamannya sebagai Menko perekonomian telah menjadi kepercayaan masyarakat terhadap Airlangga,” kata Erman.

Dia menilai, Airlangga mampu membawa perbaikan ekonomi di tengah kodisi pandemik Covid-19 yang melanda Indonesia. “Airlangga telah mampu membawa perbaikan ekonomi di tengah pandemi Covid-19 sehingga kepercayaan masyarakat terhadap Airlangga untuk maju sebagai presiden 2024 sangat didukung,” ucapnya.

Selain itu, sebagai Ketua Umum Golkar, Airlangga Hartarto juga mempengaruhi suara pemilihan Legislatif (Pileg) pada 2024.

“Selain berpengaruh di suara pileg, Airlangga juga sebagai capres yang di inginkan pemilih yang ingin perubahan bagi perekonomian,” bebernya. (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.