Jumat, 30 Oktober 20

Malaysia Panas, Anwar Ibrahim Rebut Jabatan PM Malaysia?

Malaysia Panas, Anwar Ibrahim Rebut Jabatan PM Malaysia?
* Anwar Ibrahim. (Foto: TEM)

Politik Malaysia mendadak panas. Pasalnya, Anwar Ibrahim disebut akan menjadi perdana menteri (PM) baru Malaysia mendepak Muhyiddin.

Pemimpin oposisi Malaysia itu mengungkapkan kalau telah mendapatkan dukungan “mayoritas kuat” dari anggota parlemen untuk membentuk pemerintahan baru. Ia bahkan tengah mencari waktu audiensi dengan Raja Malaysia, Sultan Abdullah Sultan Ahmad Shah, untuk meresmikan pengangkatannya sebagai perdana menteri.

Anwar Ibrahim menyebut membutuhkan persetujuan raja untuk menggantikan perdana menteri saat ini Muhyiddin Yassin. Ia pun menyatakan, pemerintahan PM Muhyiddin telah jatuh.

“Bukan, empat, lima atau enam (suara parlemen) tetapi mayoritas,” katanya sebagaimana ditulis Malaysia Kini, Rabu (23/9/2020).

“Pemerintahan pimpinan (perdana menteri) Muhyiddin Yassin telah jatuh. Maklumat selanjutnya akan saya dapatkan setelah menghadap Baginda Agung (Raja) dalam masa terdekat. Insya-Allah,” katanya.

Klaim pemimpin oposisi itu muncul kurang dari tujuh bulan setelah Muhyiddin berkuasa. Muhyiddin menjadi PM setelah kekacauan politik yang menyebabkan runtuhnya pemerintahan Mahathir Mohamad.

Saat ini koalisi Perikatan Nasional yang dipimpin PM Muhyiddin memiliki 113 suara dari 222 suara parlemen. Namun Anwar disebut telah mengamankan 123 kursi.

Anwar, tulis media lokal mendapat suara dari Partai Nasional Melayu Bersatu (UMNO). Muhyiddin sendiri akan memberi pidato khusus soal ini pukul 14.30 waktu setempat. (*/CNBC/Red)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.