Senin, 25 Oktober 21

Malaysia Bukan Lagi Negara Gagal Tangani Human Traficking

Malaysia Bukan Lagi Negara Gagal Tangani Human Traficking

Jakarta, Obsessionnews – Karena menyelamatkan imigran Rohingya dan Bangladesh bersama-sama Indonesia dan Thailand, Malaysia dicabut dari daftar negara-negara gagal perangi perdagangan manusia.

Keputusan tersebut, dicantumkan dalam laporan tahunan Departemen Luar Negeri Amerika Serikat (Deplu AS) yang dikeluarkan Senin (27/7) malam, waktu setempat.

Menurut Deplu AS, Malaysia sudah mengambil berbagai langkah penting guna memenuhi standar minimum yang ditetapkan dan memulai reformasi perlindungan korban bersamaan dengan upaya dari segi kerangka hukum.

Ditambahkan juga, penyelidikan dan penuntutan kasus penyelundupan manusia mengalami peningkatan ketimbang tahun 2013 lalu.

Deplu AS juga menilai, Malaysia menerapkan proyek percontohan yang memungkinkan sejumlah korban perdagangan manusia bebas bekerja dan tak perlu menetap di pengungsian.

Namun, di balik kemajuan itu,
AS masih menyimpang kekhawatiran terkait jumlah kasus yang dituntaskan hingga diketok vonis.

“Namun, kami tetap khawatir bahwa jumlah kasus yang diputus bersalah tidak sebanding dengan skala persoalan penyelundupan manusia di Malaysia,” kata laporan Deplu AS seperti dilansir BbC.

Sebelumnya, Malaysia berada di Tier 3. Kini, statusnya naik pada posisi Tier 2 Watch List. Pada awal bulan ini, 160 anggota parlemen AS melayangkan surat kepada Menlu John Kerry dan meminta agar Malaysia tetap berada di Tier 3. Alasannya, tak ada landasan menaikan status dan mempertanyakan apakah peningkatan itu sebagai upaya merangkul ke dalam Trans Pasific Partnership (TPP). (Mahbub Junaidi)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.