Selasa, 29 September 20

Makanan Khas Indonesia Diminati Saat Buka Puasa

Makanan Khas Indonesia Diminati Saat Buka Puasa
* Serabi.

Jakarta, Obsessionnews– Berburu makanan manis saat buka puasa sudah menjadi tradisi. Makan dan minum yang manis-manis saat berbuka puasa memang dianjurkan. Ada beberapa makanan khas Indonesia yang selalu diburu banyak orang. Inilah beberapa makanan khas yang diminati banyak orang seperti yang disiarkan vidio.com:

Es Pisang Ijo

Es pisang ijo.
Es pisang ijo.

Es pisang ijo sangat digemari orang. Es pisang ijo cocok disajikan untuk berbuka puasa, karena  selain manis juga dapat mengenyangkan. Es pisang ijo disajikan menggunakan santan kental dan sirup. Es kacang ijo merupakan makanan khas Sulawesi, terutama Makassar.

Serabi atau Surabi

Serabi atau surabi cocok dijadikan menu berbuka puasa. Serabi merupakan makanan khas Bandung, namun beberpa daerah seperti Solo memilih versi serabi sendiri yang lebih khas. Secara garis besar serabi dari tepung yang dicampur dengan santan kelapa. Serabi biasa disajikan kering dan menggunakan kuah. Serabi kering biasanya diberi toping daging, oncom atau keju. Sedangkan serabi kuah biasanya diberi kuah santan dan sirup manis dari larutan gula kelapa.

Es Goyobod

Es Goyobod.
Es Goyobod.

Es Goyobod serupa dengan minuman es campur khas Bandung.  Bahan dasar Es Goyobod tak berbeda dengan es campur kebanyakan yaitu berbahan dasar santan kelapa. Es ini sangat cocok diminum saat berbuka puasa karena memberikan rasa segar dan manis yang pas.

Lemang

Lemang.
Lemang.

Lemang dibuat dari ketan yang dimasak dalam ruas-ruas bambu. Untuk mengonsumsi lemang biasa menggunakan saus manis dari selai, kincah serikaya, atau menggunakan rendan telur atau lauk lainnya. Selain itu Lemang juga bisa dikonsumsi menggunakan buah seperti durian. Lemang merupakan makanan kahs Aceh dan beberapa daerah sekitarnya, yang dapat dijadikan menu pilihan berbuka puasa anda.

Pakat Rotan

Pakat rotan.
Pakat rotan.

Pakat rotan sajian takjil unik yang berasal dari Sumatera Utara yang terbuat dari batang rotan. Namun rotan yang digunakan adalah masih muda sehingga bagian dalamnya masih empuk.

Colenak

Colenak.
Colenak.

Colenak adalah kudapan yang terbuat dari tape singkong.  Colenak merupakan singkatan dari dicocol enak. Daya tarik dari colenak adalah bagian gosong tape saat dibakar. (Asma, @asmanurkaida)

 

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.