Kamis, 18 Agustus 22

Makanan Alami untuk Kulit Sehat

Makanan Alami untuk Kulit Sehat
* Bila ingin mendapatkan kulit sehat, segar, berkilau dan awet muda, kuncinya terletak pada pemilihan makanan.
“Semakin sehat makanan yang kita konsumsi akan membuat kulit kian berbinar cantik.”

Pernahkah memperhatikan ragam makanan yang tersaji di piring kita? Ternyata bila ingin mendapatkan kulit sehat, segar, berkilau dan awet muda, kuncinya terletak pada pemilihan makanan.

“Semakin sehat menu yang kita konsumsi akan membuat kulit kian berbinar cantik,” ungkap Samantha Heller, MS, RD, seorang ahli gizi klinis dari NYU Medical Center, New York City.
Elaine Linker, PhD, ahli biokimia dan co-founfer DDF Skin Care, menyatakan beberapa kondisi, seperti jerawat, eksim, dan kondisi kulit lainnya berhubungan erat dengan asupan kita sehari-hari.

Karena itu, tak heran bila banyak ahli berpendapat mengonsumsi makanan seimbang merupakan cara terbaik untuk mendapatkan kulit sehat. Ingin tahu santapan sehat untuk kulit? Berikut ini adalah daftarnya.

Produk Susu Rendah Lemak. Salah satu komponen paling penting untuk membuat kulit sehat adalah vitamin A. Sumber terbaik antara lain produk susu rendah lemak. Para ahli mengatakan bahwa kesehatan sel-sel kulit kita tergantung pada konsumsi vitamin A.

“Produk susu merupakan jawaban paling mudah untuk mendapatkan kulit sehat,” jelas Liz Lipski, ahli gizi sekaligus pendiri dan direktur InnovativeHealing dan penulis Digestive Wellness.

Dia menyatakan yoghurt low-fat tidak hanya mengandung vitamin A tinggi, tetapi juga acidophilus, yaitu bakteria yang ‘hidup’ baik dan bekerja dalam sistem pencernaan. Segala sesuatu yang membantu pencernaan menjadi normal, baik bakteri hidup atau enzim, memiliki manfaat bagi kesehatan kulit.

blackberry etc

 

 

 

 

 

Blackberry, Bluebberies, Strawberry, dan Plum. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry, empat buah ini ternyata memiliki kandungan antioksidan tertinggi bermanfaat untuk kesehatan kulit.

Radikal bebas seperti paparan sinar matahari, dapat merusak membran sel kulit, yang akhirnya berpotensi memunculkan kerusakan sel DNA. Antioksidan dan fitokimia lainnya dalam buah-buahan tersebut ternyata dapat melindungi sel dan mengurangi risiko kerusakan kulit.

“Ketika kita membantu menjaga sel-sel dari kerusakan, tanpa sadar kita juga tengah mencegah penuaan dini,” tambah Liz.

Baked SalmonSalmon, Kenari, Conola Oil, dan Flax Seed. Makanan ini tampaknya tidak saling berhubungan. Namun, semuanya mengandung asam lemak esensial penting bagi keindahan kulit.

“Asam lemak esensial bertanggung jawab untuk menjaga membran sel-sel tetap sehat. Selain itu juga dapat mengikat air di dalam sel, sehingga menjaga kelembaban kulit sekaligus membuat awet muda,” jelas Ann Yelmokes MeDermott, PhD, ahli gizi Jean Mayer USDA Human Nutrition Research Center of Aging di Tufs University, Boston.

Asam ini juga menawarkan perlindungan dan menghambat proses inflamasi (peradangan) yang dapat membahayaan arteri sebagai penyebab penyakit jantung.

Extra-Virgin-Olive-OilHealthy Oil. Mengonsumsi minyak berkualitas tersebut dapat membantu menjaga kulit (melumasi) terlihat lebih sehat secara menyeluruh.
Jenis minyak mana yang tepat? Liza mengemukakan pilihlah yang berlabel cold pressed, expeller processed, atau extra virgin. “Healthy Oil ini tidak hanya membuat kulit cantik, tetapi juga bermanfaat bagi tubuh. Namun, batasi hanya dua sendok makan per hari,” ungkapnya.

 

wheat breadRoti Gandum, Sereal, Kalkun, dan Tuna.Kandungan mineral selenium menghubungkan semua makanan ini untuk kesehatan kulit. Para ahli mengatakan, selenium memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan sel-sel kulit.

Pada dua uji klinis, peneliti di Edinburgh University berpendapat tingkat selenium tinggi dapat mengurangi risiko kerusakan sel-sel kulit dan kanker. Dalam British Journal of Dermatology dan Journal Clinical and Experimental Dermatology, sekelompok peneliti Perancis menemukan bahwa dosis oral selenium dipadu tembaga, vitamin E dan A bisa mencegah kulit terbakar.

Liz juga mengingatkan, konsumsi makanan ‘putih’ (roti, kue, dan pasta), gula, dan beras putih merupakan pilihan buruk bagi kesehatan kulit. Semua dapat mempengaruhi tingkat insulin dan menyebabkan peradangan yang dapat menyebabkan kondisi kulit bermasalah.

green-tea---try-web-CopyTeh Hijau. Minuman ini memiliki sifat anti-inflamasi, mencegah atau mengurangi risiko kanker kulit. Dalam Archivers of Dermatology menunjukkan bahwa baik diminum atau dioleskan pada kulit, teh hijau dapat mengurangi risiko kerusakan kulit. Itulah sebabnya, teh hijau juga dapat mengurangi risiko kanker kulit. Samantha menambahkan teh hijau mengandung polifenol yang memiliki sifat anti-inflamasi dan juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit.

Air Putih. Tidak ada yang membantah peran hidrasi dalam menjaga kulit, agar tampak sehat dan lebih muda. Para ahli mengatakan, ketika tubuh terhidrasi dari air murni, maka sel-sel kulit akan ‘bersukacita’.

Liz menerangkan, “Kulit kita membutuhkan setidaknya sekitar delapan gelas setiap hari. Air membantu sel-sel menarik nutrisi ke dalam dan mendorong racun keluar. Secara otomatis membuat kulit terlihat lebih baik. Ketika tubuh kita terhidrasi dengan baik, tubuh juga akan berkeringat, membuat kulit bersih dan sehat.” (Aryani Indrastati) Foto: Istimewa

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.