Minggu, 26 September 21

Maju sebagai Calon Presidium KAHMI Jatim, Ini Visi Misi Ridwan Hisjam

Maju sebagai Calon Presidium KAHMI Jatim, Ini Visi Misi Ridwan Hisjam
* Politisi Partai Golkar Ridwan Hisjam. (Foto: Dok. pribadi)

Jakarta, Obsessionnews.com – Anggota Komisi VII DPR dari daerah pemilihan (dapil) Malang Raya Ridwan Hisjam mantap maju sebagai calon presidium Korps Alumi Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) Wilayah Jawa Timur (Jatim) pada gelaran musyawarah wilayah (Muswil) V KAHMI Jatim di Magetan akhir Mei 2021.

 

Baca juga:

Ridwan Hisjam Resmi Mendaftar sebagai Calon Presidium KAHMI Jatim

Di Acara Syawalan, Ridwan Hisjam Diminta Jadi Ketua Presidium KAHMI Jatim



Politisi kawakan dari Partai Golkar ini adalah seorang kader HMI tulen. I ia merasa posisinya saat ini tidak lain karena dulu pernah belajar dan berproses sebagai kader HMI saat kuliah di ITS, Surabaya pada tahun 1977.

Ridwan bahkan sempat mengikuti Latihan Kader 1 atau LK 1 dan LK 2, kemudian pernah menjadi Sekretaris HMI Cabang Surabaya pada 1978-1979, Ketua Korkom HMI SN ITS pada tahun 1981.

“Di HMI dulu kita belajar bagaimana cara berorganisasi dengan baik, bertukar ide dan wawasan. Ciri khas dari HMI adalah nuansa intelektualnya. Kita punya tradisi berpikir yang terukur dan sistematis, sehingga wajar banyak orang-orang besar lahir dari HMI,” ujar Ridwan, Kamis (20/5/2021).

Yang paling diingat dari HMI, kata Ridwan, adalah garis intelektualnya, yakni Keislaman dan Keindonesian. Komitmen HMI akan keislaman dan keindonesiaan tidak perlu diragukan lagi. Di tubuh HMI, Islam dan Indonesia keduanya tidak dipertentangkan, melainkan memiliki keterhubungan dan keserasian.

Hal tersebut bisa dilacak setidaknya dengan dua hal; secara historis dan nilai. Secara historis, HMI didirikan untuk mempertahankan Negara Republik Indonesia dan mempertinggi derajat Rakyat Indonesia serta menegakkan dan mengembangkan ajaran agama Islam.

Dari awal berdiri sampai saat ini, kata Ridwan, tujuan tersebut membentuk sekaligus meneguhkan komitmen HMI terhadap keislaman dan keindonesiaan. Sehingga, dalam setiap era, para kader dan alumni HMI turut serta aktif membangun bangsa dan negara ini sesuai dengan peran dan kemampuan masing-masing.

Untuk itu, dalam Muswil V KAHMI Jatim ini, Ridwan memiliki vis misi yang punya kesesuain dengan semangat dan ruh perjuangan HMI. Berikut visi misi Ridwan Hisjam dalam mengembangkan KAHMI Jatim dalam panggung nasional jika terpilih sebagai presidium.

Visi

“Nusantara Connection”
Ke-Islam-an ber ke-Indonesia-an
Menumbuhkan kiprah KAHMI Jatim dalam kancah nasional

Misi

Reaktualisasi peran dan fungsi KAHMI Jawa Timursebagai wadah berhimpun Alumni HMI dalam upaya mencapai tujuan KAHMI

Menjadikan KAHMI Jawa Timur sebagai wadah silaturrahmi keluarga Besar Alumni yang efektif dan berkualitas

Menjadikan KAHMI Jawa Timur yang memiliki bargaining position baik di tingkat Jawa Timur maupun nasional

Menjadikan KAHMI Jawa Timur sebagai wadah perekat heterogenitas masyarakat Jawa Timur

Berpartisipasi aktif dalam mengkritisi dan membentuk kebijakan publik berdasarkan kekuatan moral dan ilmu pengetahuan dalam rangka memerangi kemiskinan, keterbelakangan, kebodohan dan ketidakadilan untuk kemajuan Jawa Timur

Membangun dan mengupayakan tersedianya Bank Data Alumni HMI Jawa Timur

Mengoptimalkan kajian-kajian strategis dalam rangka menghasilkan ide-ide kreatif dalam rangka turut serta menyelesaikan problematika keummatan dan kebangsan.

Melakukan upaya-upaya strategis fasilitasi pengembangan profesi para alumni HMI Jawa Timur.

Melakukan pengembangan enterpreuner bagi para alumni muda HMI

Melakukan fasilitasi dan dukungan bagi aktivis HMI untuk melakukan perkaderan dan kegiatan pengembangan potensi aktivis HMI

Melakukan upaya dinamisasi hubungan timbal balik KAHMI dengan HMI agar setiap anggota HMI mencapai kualitas insan cita secara paripurna dan memperkuat basis sosial HMI di setiap kampus perguruan tinggi di Jawa Timur. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.