Selasa, 26 Oktober 21

Mahkamah Internasional Desak Investigasi Kejahatan AS di Afghanistan

Mahkamah Internasional Desak Investigasi Kejahatan AS di Afghanistan
* Mahkamah Internasional Den Haag

Mahkamah Internasional yang bermarkas di Den Haag, Belanda, ICC mengeluarkan izin penyelidikan terkait aksi kejahatan yang dilakukan tentara Amerika Serikat di Afghanistan.

Untuk pertama kalinya, Fatou Bensouda, Jaksa Mahkamah Pidana Internasional, ICC menindaklanjuti tuduhan kejahatan perang yang dilakukan tentara Amerika di Afghanistan.

Associated Press (20/11) melaporkan, selain investigasi atas tuduhan terhadap tentara Amerika di Afghanistan, Bensouda juga meminta penyelidikan seputar peran agen mata-mata Amerika, CIA dalam aksi penculikan rahasia di Afghanistan.

Tentara AS di Afghanistan. (ParsT)

Bensouda mengatakan, tentara dan CIA pada tahun 2003-2004 terlibat aksi penyiksaan, kekejian, pelecehan kehormatan manusia dan kekerasan seksual terhadap orang-orang yang mereka tangkap di Afghanistan.

Ia menambahkan, Taliban juga menjadi tertuduh aksi-aksi kejahatan kemanusiaan dan kejahatan perang.

Mahkamah Pidana Internasional Den Haag adalah lembaga kehakiman terpenting di PBB yang menangani kasus-kasus kejahatan di level dunia.

Serangan udara, pelecehan, memasuki rumah warga Afghanistan tanpa izin, pembunuhan warga sipil, adalah sebagian aksi kejahatan yang dilakukan tentara Amerika dan NATO selama 16 tahun terakhir di Afghanistan. (ParsToday)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.