Selasa, 24 September 19

Mahfud: Pengadilan Internasional Tidak Ngurusi Persoalan Pemilu

Mahfud: Pengadilan Internasional Tidak Ngurusi Persoalan Pemilu
* Mahfud MD. (Foto: dokumentasi pribadi)

Jakarta, Obsessionnews.com – Sengketa hasil Pilpres 2019 sudah berakhir setelah Mahkamah Konstitusi (MK) menolak gugatan yang diajukan oleh pasangan calon 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, pada Kamis (27/6) malam. Dengan begitu pasangan Joko Widodo-Ma’ruf Amin dinyatakan menang dalam Pilpres 2019.

Pakar Hukum Tata Negara Mahfud MD mengatakan, putusan itu sudah final dan mengikat dam tidak bisa diganggu gugat.

“Keputusan MK final dan binding sesuai pasal 24C UUD 45. Putusan MK sudah tertinggi tidak ada jalur internasional,” kata Mahfud ditemui di Komplek Kepatihan, Jumat (28/6).

Menurut dia, pengadilan internasional tidak mengurusi hal-hal tentang sengketa Pemilu. “Ada yang bilang mau datang ke pengadilan internasional. Tidak ada pengadilan internasional untuk Pemilu. Itu tidak ada,” tegas Mahfud.

Ia mengatakan, pengadilan internasional hanya untuk mengadili perang dan pemusnahan etnis (genosida). Terkait persidangan sengketa Pilpres yang berlangsung di MK, menurutnya hakim-hakim MK cukup berani dan tidak terpenharuh dengan isu-isu liar di media sosial. Menurutnya putusan MK memang itu yang menjadi fakta hukum.

“Kalau kita amati sejak dulu masyarakat lebih banyak percaya hasil pemilu. Ada yang tidak percaya sudah diberi kesempatan untuk menggugat,” kata dia.

Dari sudut kecurigaan, lanjut dia, semua pihak bisa bisa saling curiga. Namun, semua kecurigaan tersebut sudah disampaikan di persidangan hingga adu dalil. Mahfud juga mengatakan, persidangan sengketa Pilpres di MK telah membuktikan, semua permohonan penggugat dari sudut pembuktian sangat lemah. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.