Minggu, 5 Desember 21

Mahfud MD: Keputusan Menkumham Tetap Berlaku

Mahfud MD: Keputusan Menkumham Tetap Berlaku

Jakarta, Obsessionnews – Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD mengatakan, keputusan Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) dalam mengesahkan kepengurusan Partai Golkar kubu Agung Laksono, sifatnya memang mengikat dan tidak bersifat menunda. Artinya, keputusan tersebut tetap berlaku.

Pernyataan Mahfud itu guna menanggapi konflik Partai Golkar antara kubu Agung Laksono dengan kubu Aburizal Bakrie. Meski Menkumham sudah mengesahkan kepengurusan Agung, namun pada kenyataannya, surat pergantian pengurusan Fraksi Golkar yang diajukan oleh kubu Agung ke pimpinan DPR tidak diproses dengan cepat.

Alasan, kubu Aburizal Bakrie dan pimpinan DPR tidak mau memproses surat tersebut, karena dianggap keputusan Menkumham tidak sah serta belum bersifat final dan mengikat. Sebab, kubu Aburizal masih mengajukan gugatan baru ke Pengadilan Tata Usaha Negara. Namun menurut Mahfud, dalam Undang-Undang tidak ada ketentuan tersebut.

“Secara administrasi dan UU No 5 Tahun 1986, sebelum ada putusan dari PTUN, tidak bisa ditangguhkan. Jadi, keputusan Menkumham tetap berlaku,” ujar Mahfud, di DPR Selasa (31/3/2015).

Mahfud hanya mau berbicara dalam konteks hukum. Menurutnya, gugatan itu tidak akan berpengaruh pada penundaan putusan. Hanya saja ia tidak mau berkomentar bahwa pada kenyataannya, putusan Menkumham yang telah mengesahkan kubu Agung, tidak dianggap oleh kubu Aburizal sebagai putusan yang sah. “Saya tidak mau berbicara ke wilayah itu,” katanya.

‎Mantan Menteri Pertahanan itu, menyarankan PTUN segera memproses gugatan yang ditayangkan oleh Kubu Aburizal, dengan cepat dan obyektif. Mengingat, situasi politik di internal Partai Golkar sudah semakin panas. Bila, nanti dalam putusan PTUN kubu Aburizal dimenangkan. Maka, secara hukum sifatnya final dan mengingat, artinya kubu Aburizal berhak atas Partai Golkar. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.