Sabtu, 18 September 21

Mahfud MD: Amien Rais Belum Tentu Bersalah

Mahfud MD: Amien Rais Belum Tentu Bersalah
* Mahfud MD.

Jakarta, Obsessionnews.com – Mantan Ketua MPR Amien Rais disebut menerima uang Rp 600 juta dalam tuntutan jaksa Komisi Pemberantasan Korupsi terhadap terdakwa mantan Menteri Kesehatan Siti Fadilah terkait kasus korupsi pengadaan alat kesehatan (Alkes) guna mengantisipasi Kejadian Luar Biasa (KLB) tahun 2005 lalu.

Menanggapi hal itu, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD mengatakan, adanya nama seseorang dalam tuntutan adalah hal yang biasa dan kerap terjadi di dunia peradilan. Dan tidak semua nama yang disebut itu bersalah.

“Disebut di di tuntutan jaksa itu biasa sj. Dulu bnyk yg disebut dlm kss Century, kss Nazaruddin, dll tp tak apa2. Disebut blm tntu bersalah, ” ujar Mahfud MD di akun Twitternya @mohmahfudmd, Selasa (6/6/2017).

Sebelummya, nama Amien disebut dalam persidangan terhadap terdakwa Siti Fadilah Supari, di Pengadilan Tipikor Jakarta, Rabu (31/5/2017). Menurut jaksa, berdasarkan fakta persidangan, Amien Rais menerima enam kali pemberian uang yang jumlah totalnya sebesar Rp 600 juta.

Uang tersebut berasal dari keuntungan perusahaan swasta yang ditunjuk langsung oleh Siti Fadilah untuk menangani proyek pengadaan alat kesehatan di Kementerian Kesehatan.

Amien menyebutkan bahwa kejadian pada Januari hingga Agustus 2007 lalu, berdasarkan ingatannya, dia mengaku menerima uang Rp 600 juta dalam enam kali transaksi untuk dana operasional dari Soetrisno Bachir. Soetrisno Bachir merupakan mantan Ketua Umum DPP PAN.

“Karena hal itu terjadi 10 tahun lalu, saya me-refresh memori saya. Pada waktu itu, Soetrisno Bachir mengatakan akan memberi bantuan untuk tugas operasional saya, untuk semua kegiatan sehingga tidak membebani pihak lain kalau saya pergi ke mana pun, travel, aksi, itu sudah kita sendiri yang bayar,” kata Amien di kediamannya di Jalan Gandaria, Jakarta Selatan, Jumat (2/6/2017). (Albar).

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.