Kamis, 25 April 24

Mahershala Ali, Muslim Pertama Peraih Piala Oscar

Mahershala Ali, Muslim Pertama Peraih Piala Oscar
* Mahershala Ali berpindah agama dan memeluk Islam 17 tahun yang lalu. (BBC)

Mahershala Ali telah mencetak sejarah sebagai aktor Muslim pertama yang memenangkan Oscar, untuk perannya sebagai pengedar narkoba dalam film Moonlight.

Itu juga merupakan kali pertama bagi Ali, yang pindah agama dan memeluk Islam 17 tahun lalu, dinominasikan untuk meraih Oscar.

Dalam pidato emosionalnya, aktor tersebut mengucapkan terima kasih kepada istrinya yang baru saja melahirkan putri mereka beberapa hari sebelumnya, yang disebutnya sebagai guru ‘terhebat’.

Film Moonlight ini juga menyabet penghargaan sebagai film terbaik.

“Saya sangat bersyukur memiliki sebuah kesempatan. Itu adalah pengalaman yang indah,” kata Ali, saat ia mengucapkan terima kasih kepada sutradara film Barry Jenkins dan Tarell Alvin McCraney, penulis film Moonlight.

“Saya juga ingin berterima kasih kepada istri saya, kami baru saja dikaruniai seorang putri empat hari lalu, jadi saya ingin berterima kasih padanya karena telah menjadi seorang pejuang yang melalui semua proses ini dan membopong saya sepenuhnya melewati semua itu,” tambahnya.

Film independen ini berkisah tentang Chiron, seorang lelaki muda homoseksual berkulit hitam menjalani hidup yang berat di Miami, Florida

Ali, yang terlahir dengan nama Mahershalalhashbaz Gilmore, memenangkan penghargaan sebagai aktor pendukung terbaik atas perannya sebagai pengedar narkoba Juan, yang menjadi figur ayah bagi Chiron.

Ali mengucapkan terima kasih kepada istrinya yang disebutnya sebagai ‘guru’ terbaik dalam hidupnya. (BBC)

Ali, lahir dari keluarga Kristen. Bahkan ibunya adalah seorang pendeta Kristen. Ali masuk Islam pada tahun 1999 dan bergabung dengan minoritas Jamaah Ahmadiyah pada tahun 2001.

Dikatakannya, ia dan ibunya mengesampingkan perbedaan keyakinan mereka, karena perbedaan itu merupakan hal yang ‘tidak penting.’

Pada bulan Januari lalu, Ali menyampaikan sebuah pidato yang sangat kuat di acara Screen Actors Guild Awards. Ia menjelaskan bagaimana film Moonlight menggambarkan apa yang bisa terjadi kalau orang-orang dianiaya.

“Apa yang saya pelajari saat terlibat dalam pembuatan film Moonlightini adalah bahwa kita tahu apa yang akan terjadi ketika kita menganiaya orang. Mereka akan tenggelam dalam dirinya sendiri,” katanya.

“Dan apa yang saya syukuri tentang peran Juan yang saya mainkan, adalah bahwa saya berperan sebagai seorang pria yang melihat seorang pemuda tenggelam dalam dirinya sendiri akibat dizalimi masyarakat, lalu mengambil peluang itu untuk membangkitkannya dan mengatakan bahwa ia sangat berharga, bahwa (sebagai gay ia adalah manusia wajar saja. Dan menerima dia. Saya berharap kita bisa melakukan hal yang lebih baik dari itu.” (*/bbc.com)

Topik terkait

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.