Jumat, 23 Oktober 20

Mahathir Kritik Kebijakan Dagang Trump

Mahathir Kritik Kebijakan Dagang Trump

Perdana Menteri Malaysia, Mahathir Mohamad menyebut kebijakan dagang Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump terhadap negara lain memicu tensi dan melemahnya ekonomi global.

FNA melaporkan, Mahathir Mohamad Selasa (13/11), di sela-sela KTT ke 33 ASEAN di Singapura menekankan, tak diragukan lagi perang dagang yang dikobarkan Trump di dunia tidak mendapat dukungan negara manapun, bahkan di dalam negeri Amerika sendiri kebijakan ini tidak akan mendapat kesepakatan kubu Republik dan Demokrat.

PM Malaysia juga menilai tak penting absennya Donald Trump di KTT ASEAN dan menambahkan, keputusan presiden Amerika tidak permanen dan bisa saja ada perubahan mendadak.

KTT ke 33 ASEAN dan delapan negara mitra digelar mulai Senin dengan dihadiri para pemimpin negara anggota di Singapura. Wakil presiden Amerika Serikat Mike Pence mewakili Trump di KTT ASEAN Singapura.

Trump Pemicu Perang Dagang AS vs Cina
Perdana Menteri Malaysia, Mahathir Mohamad menyebut Donald Trump sebagai pihak yang menjadi pemicu perang dagang antara AS dan Cina.

Mahathir dalam wawancara dengan CNBC di sela-sela KTT ASEAN di Singapura hari Selasa (13/11) mengatakan, masalah yang tidak menyenangkan mengenai perang dagang ini tampaknya tidak didukung oleh partai Republik maupun Demokrat.

Tahun ini, Presiden AS tidak hadir dalam pertemuan KTT ASEAN yang juga dihadiri sejumlah pemimpin negara dunia.

AS mengirimkan wakil presiden, Mike Pence menghadiri KTT ASEAN ke-33 di Singapura.

Sementara itu, Presiden Rusia, Vladimir Putin untuk pertama kalinya menghadiri KTT ASEAN yang juga dihadiri pemimpin Cina, Australia, Jepang, Selandia Baru, Korea Selatan.

Para pemimpin negara ASEAN dan negara lain yang hadir dalam pertemuan tingkat tinggi di Singapura ini menenntang unilateralisme AS dan menyerukan multilateralisme yang merugikan kepentingan bersama, terutama di bidang perdagangan. (ParsToday)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.