Kamis, 25 April 24

Mahasiswa Melawan Kanker

Mahasiswa Melawan Kanker
* Muhammad Bilal Asshogiri (Foto : ist)

Sosial media adalah sebuah media untuk bersosialisasi satu sama lain dan dilakukan secara online yang memungkinkan manusia untuk saling berinteraksi.

Untuk memperingati Hari Kebangkitan Nasional yang jatuh hari ini Kamis 20 Mei 2021, Ir.Alief Einstein,M.Hum. hendak mengetahui sampai sejauh mana media sosial dapat dimanfaatkan untuk hal-hal yang produktif.

Kemudian saat membuka salah satu media sosial di Jakarta, Einstein mendapatkan poster/flayer MBEC Caring yang menarik dan mendorong kreativitas dan inovasi mahasiswa Universitas Mercu Buana, Jakarta untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat dan bisa untuk contoh bagi mahasiswa lainnya di berbagai kota.

Bilal sapaan akrab Muhammad Bilal Asshogiri adalah Mahasiswa Program Studi Public Relations Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana, Jakarta sebagai penanggung jawab kegiatan MBEC Caring.

Imbauan untuk menyumbang MBEC Caring di antaranya : “Let’s defeat cancer together” = “Mari bersama-sama kita kalahkan kanker”. “Come on fighting with the Yellow Ribbon Children.

Help and fulfill their rights as children by improving their quality of life” = “Ayo bersama-sama melawan (kanker) dengan anak-anak Yayasan Pita Kuning. Bantu mereka meraih mimpi dan haknya sebagai anak-anak dengan meningkatkan kesejahteraan mereka”.

Bilal dapat segera membuka akses informasi dan komunikasi dunia internasional, sebab Bilal sudah menguasai bahasa Jepang dan Inggris. Posisi Bilal saat ini yakni sebagai Presiden Mercu Buana English Club (MBEC) yaitu sebutan untuk ketua umum UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) MBEC.

Tanggung jawab Bilal sebagai presiden adalah bertanggung jawab terhadap seluruh kegiatan yang mengatasnamakan MBEC. Oleh karena itu kegiatan-kegiatan MBEC seperti English Weekly Class, LTP, English Event, *MBEC Caring,* dan lain-lain, sudah Bilal supervisi agar dapat berjalan dengan baik.

Kegiatan MBEC Caring ini salah satu bentuk aplikasi tridharma perguruan tinggi yakni “Pengabdian Kepada Masyarakat”. Bentuk nyata kegiatan MBEC Caring berupa penggalangan dana serta pemberian edukasi kepada anak-anak pengidap kanker yang berada di bawah Yayasan Pita Kuning.

Pengumpulan dana dilaksanakan secara daring melalui akun media sosial Instagram (@mbec_club) yang bekerja sama dengan beberapa pihak media untuk turut menyebarluaskan informasi kegiatan sudah dilaksanakan mulai tanggal 4 Mei 2021 sampai 20 Mei 2021. Selanjutnya dana tersebut dikirimkan ke Yayasan Pita Kuning besok Jum’at 21 Mei 2021.

Yayasan Pita Kuning saat ini membantu dan mendukung 28 anak yang berusia 3-17 tahun. Hampir seluruh anak-anak yang saat ini mengidap kanker harus putus sekolah dikarenakan kondisi tubuh mereka yang tidak memungkinkan dan kewajiban mereka untuk melakukan pemeriksaan, kontrol, dan berobat di rumah sakit.

Untuk itu, MBEC bekerja sama dengan Yayasan Pita Kuning hendak melakukan kegiatan edukasi yang rencananya akan dilaksanakan setiap satu bulan sekali dan kegiatan perdana pengajaran bahasa Inggris ke anak-anak pengidap kanker hari Sabtu 22052021.

Adapun kegiatan edukasi tersebut berupa pemberian materi bahasa Inggris untuk usia anak, peragaan Story Telling untuk anak-anak, dan sharing informasi mengapa kita harus belajar bahasa Inggris. Ditengah pandemi Covid-19, untuk itu kegiatan MBEC Caring sepenuhnya dilaksanakan secara daring dan didukung melalui media-media digital sebagai bentuk publikasi.

Einstein menambahkan bahwa kasus kanker pada anak memang jarang terjadi. Meskipun demikian, kasus kanker pada anak tetap harus diwaspadai karena bisa berakibat fatal. Berbeda dengan kanker pada orang dewasa, karena anak-anak pada umumnya belum mampu memgemukakan apa yang mereka rasakan.

Selanjutnya dengan adanya kegiatan MBEC Caring, Einstein berharap pasien kanker akan dapat dukungan orang-orang disekitarnya atau siapa saja yang tergerak hatinya untuk membantu tekanan psikologis pasien dan membantu kualitas hidup mereka. (Red)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.