Selasa, 30 November 21

Mahasiswa Keperawatan Unsoed Bangga Jadi Perawat

Mahasiswa Keperawatan Unsoed Bangga Jadi Perawat
* BEM Keperawatan Unsoed

Purwokerto, Obsessionnews – Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa Jurusan Keperawatan (BEM KMJK) Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed), Purwokerto Jawa Tengah kembali menunjukkan eksistensinya mengabdikan diri untuk masyarakat sekitar.

Serangkaian kegiatan International Nurses Day (IND) berhasil dilaksanakan mulai hari Sabtu 9 Mei 2015 dan berakhir pada Selasa 12 Mei 2015. IND merupakan salah satu program kerja tahunan Biro Sosial Masyarakat BEM KMJK Unsoed yang dilaksanakan oleh seluruh mahasiswa keperawatan. Serangkaian acara telah dilaksanakan dalam rangka memperingati IND yang jatuh pada hari ini Sabtu tanggal 12 Mei 2015.

International Nurses Day (IND) merupakan hari perawat sedunia yang diperingati oleh semua perawat nasional maupun internasional. Perayaan International Nurses Day (IND) yang diketuai oleh Muhammad Zubaduzzaman, lebih meriah dari tahun-tahun sebelumnya. Acara lomba grafiti telah berhasil dilaksanakan pada tanggal 9 Mei 2015.

Lomba grafiti merupakan lomba yang pertama kali dilaksanakan di Jurusan Keperawatan Unsoed dan diikuti oleh perwakilan dari masing–masing Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Jurusan Keperawatan dan perwakilan dari tiap-tiap angkatan. Peserta lomba sangat antusias mengikuti lomba ini. Diselingi hiburan tari saman, mereka semangat menorehkan kuas dan tinta dibawah terik matahari yang menyengat tubuh.

Seperti rasa semangat dan cinta akan profesi keperawatan. Hasil karya mereka pun patut diacungi jempol. “Ternyata mahasiswa keperawatan sangat luar biasa, tak hanya pandai di bidang akademik, namun sangat kreatif di bidang seni” tutur Candra Andodo, salah satu tutor di Jurusan Keperawatan.

BEM Keperawatan-3

Tak cukup rasanya memperingati IND hanya dengan lomba grafiti. Pada hari Minggu, 10 Mei 2015, mahasiswa keperawatan melakukan Long March disepanjang jalan di Purwokerto hingga alun-alun. Sungguh luar biasa, mahasiswa berangkat dari kampus keperawatan dengan niat ingin memperkenalkan kepada masyarakat mengenai International Nurses Day.

Berjalan menyusuri jalan raya, bercampur debu jalanan mahasiswa keperawatan bangga mengibarkan bendera BEM KMJK Unsoed, membawa slogan-slogan bertema keperawatan, serta menyanyikan lagu IND ciptaan mahasiswa keperawatan sendiri.

“Mahasiswa Keperawatan adalah seorang perawat, suka menolong siapa saja, cerdas dan terampil pelayanannya, ikhlas dan tulus pengabdiannya…”, sepenggal lagu yang mengiringi perjalanan mahasiswa menuju alun-alun Purwokerto. Stiker dan bunga pun tak luput kami bagikan untuk warga sekitar.

“Di sini mahasiswa keperawatan tidak sedang aksi demo, mahasiswa keperawatan hanya ingin mengenalkan akan adanya hari keperawatan internasional yang jatuh pada tanggal 12 Mei 2015”, jelas Setyo Utomo ketika ditanya seorang polisi yang sedang bertugas di tempat lokasi.

BEM Keperawatan-2

Sesampainya di alun-alun, mahasiswa yang bergabung dalam acara long march mengadakan pemeriksaan tensi gratis. Sejumlah 36 orang masyarakat datang dari berbagai penjuru berbondong-bondong melakukan pemeriksaan tensi gratis di alun-alun.

Semoga dengan adanya kegiatan ini dapat membantu masyarakat yang hendak memeriksakan tekanan darahnya. Perjuangan mahasiswa keperawatan dalam memperkenalkan adanya hari keperawatan internasional tidak selesai sampai di sini.

Pada hari ini, Selasa (12/5/2015), semua mahasiswa keperawatan serempak akan menggunakan baju klinik sebagai identitas mahasiswa keperawatan. Seragam biru putih akan menyelimuti raga mahasiswa keperawatan, membakar semangat bagi jiwa mahasiswa keperawatan untuk selalu mengabdi mengembangkan profesi mahasiswa keperawatan. Maju terus perawat Indonesia, perawat Soedirman. Mahasiswa keperawatan Unsoed melayani dengan setulus hati. (Asma)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.