Sabtu, 16 Oktober 21

Mahasiswa Fisipol UGM Ikuti Program Young Leaders for Indonesia Wave 9

Mahasiswa Fisipol UGM Ikuti Program Young Leaders for Indonesia Wave 9
* Dua mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, (Fsip) Universitas Gadjah Mada (UGM), Abdullah Faqih dan Irwan Harjanto, terpilih mengikuti program Young Leaders for Indonesia (YLI) Wave 9 selama enam bulan pada Juni hingga November 2017. (Foto: Dok. Humas UGM)

Yogyakarta, Obsessionnews.com – Dua mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, (Fsip) Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta, terpilih mengikuti program Young Leaders for Indonesia (YLI) Wave 9 selama enam bulan pada Juni hingga November 2017.

Mereka adalah Abdullah Faqih dari Departemen Sosiologi angkatan 2014 dan Irwan Harjanto dari Departemen Politik Pemerintahan angkatan 2013. Selain mereka, terdapat tujuh mahasiswa UGM  lain yang juga terpilih mengikuti ajang bergengsi ini.

YLI Wave 9  merupakan salah satu program pengembangan kepemimpinan paling prestisius di Indonesia yang didukung oleh McKinsey & Company. Hingga kini program ini telah mencetak delapan angkatan dengan total alumni hampir 500 orang yang telah bekerja di berbagai sektor strategis.

Pada tahun ini terpilih 60 mahasiswa Indonesia yang berhak mengikuti YLI Wave 9. Mereka merupakan mahasiswa yang tersebar di berbagai perguruan tinggi di Indonesia, Singapura, dan Australia.

Abdullah mengungkapkan, perjuangan terpilih mengikuti program YLI Wave 9 tidaklah mudah. Sebelumnya, dia harus melalui serangkaian seleksi ketat sejak bulan Februari 2017 lalu. Mulai dari mengirimkan esai pendek tentang pengalaman kepemimpinan, visi misi memajukan Indonesia di tahun 2030 hingga wawancara dengan konsultan McKinsey & Company and partners.

“Ada tiga forum besar yang harus diikuti dalam kegiatan ini, yaitu belajar tentang lead self, lead team, dan lead change,” kata Abdullah di UM seperti dikutip siaran pers Humas UGM, Senin (20/11).

Ia lebih lanjut menjelaskan, dalam forum 1 para peserta  belajar tentang cara memimpin diri sendiri (lead self) dan mengharuskan mereka membuat sebuah personal development project. Selanjutnya di forum 2, belajar bagaimana cara memimpin sebuah tim (lead team) dengan membagi peserta ke dalam kelompok-kelompok kecil untuk mengerjakan breakthrough leadership project (BLP) berisi kasus yang sedang dihadapi oleh klien McKinsey & Company. Sementara itu, di forum 3 peserta belajar tentang cara membuat sebuah perubahan (lead change). Pada forum ini, peserta diberikan kesempatan untuk memulai karier di dunia profesional.

“Terpilih sebagai awardee Young Leaders for Indonesia menjadi pengalaman yang cukup berharga. Melalui program ini mendapatkan berbagi bekal dalam pengembangan diri, karier dan menambah jejaring,” tandasnya. (arh)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.