Rabu, 1 Desember 21

Mabes Polri Ungkap Kasus 1 Ton Ganja di Subang

Mabes Polri Ungkap Kasus 1 Ton Ganja di Subang
* Kombes Eko Daniyanto.

Jakarta, Obsessionnews –¬†Direktorat Tindak Pidana Narkoba mabes Polri mengungkap jaringan narkoba jenis ganja asal Aceh. Penangkapan dilakukan di Subang, Jawa Barat, pada Rabu (18/5) yang lalu.

“Tanggal 18 Mei kemarin, kita tangkap pengedarnya,” ujar Dittipid Narkoba Mabes Polri Kombes Eko Daniyanto di Jakarta, Selasa (24/5/2016).

Terungkapnya kasus ini hasil dari kerjasama tim khusus IT Dittipid Narkoba Bareskrim Polri dan berdasar informasi masyarakat di Jalan Raya Ciberes Patok Besi. “Subang sering dijadikan jual beli narkoba,” ungkap Eko.

Sebelumnya, polisi melakukan penyelidikan dan menemukan tronton yang dicurigai. Lalu keesokan harinya di lokasi yang sama dilakukan penangkapan terhadap 3 orang tersangka.

“Saat melakukan penangkapan dan saat penggeledahan di dalam truk ada 734 bungkusan bata berisi ganja seberat 734 Kg,” katanya.

Pengembangan berlanjut, lalu pada Jumat (20/5) dilakukan penangkapan terhadap 3 orang lagi. Akhirnya polisi mendapat kepastian sisa ganja tersebut sebesar 1 Ton.

“Hasil interogasi pertama mendapati barang tersebut akan diambil seseorang di Karawang. Lalu ditangkaplah 3 orang lagi dengan barang bukti sisanya,” jelas Eko.

Jadi, kata Eko, ke enam orang ini dikenakan pasal 114 ayat 2 jo pasal 132 ayat 1 UU no 35 tahun 2009 tentang narkotika dengan ancaman hukuman pidana mati atau penjara seumur hidup dan denda minimal 1 miliar rupiah. Pasal subsidair yang dikenakan, yaitu pasal 111 ayat 2 jo pasal 132 ayat 1 UU no 35 tahun 2009 tentang narkotika.

“Hukuman pidananya yaitu hukuman mati atau penjara seumur hidup dan denda minimal 1 miliar rupiah,” pungkasnya. (Purnomo, @kapoy76)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.