Minggu, 24 Oktober 21

MA Tambah 7 Tahun Hukuman Adik Ratu Atut

MA Tambah 7 Tahun Hukuman Adik Ratu Atut

Jakarta, Obsessionnews – Majelis hakim Mahkamah Agung (MA) menambah hukuman Tubagus Chaeri Wardana alias Wawan menjadi 7 tahun penjara terkait putusan kasasi perkara pengurusan sengketa pilkada Lebak, Banten di Mahkamah Konstitusi.

“Mengabulkan tuntutan jaksa penuntut umum (JPU). Menjatuhkan dengan pidana selama 7 tahun,” ujar hakim Artidjo Alkostar, Jakarta, Kamis (26/2/2015).

Dalam putusan kasasi Wawan yang merupakan adik mantan Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah itu dinilai terbukti bersalah menyuap hakim konstitusi M Akil Mochtar sebesar Rp1 miliar.

“Perbuatan terdakwa mempengaruhi hakim Mahkamah Konstitusi dalam perkara telah mencederai demokrasi dan penegakan hukum,” ucap majelis.

Wawan secara aktif berkomunikasi dengan Akil sejak 1 Oktober 2013. Lantas menunjuk Susi Tur Andayani untuk mengurusi perkara yang sedang ditangani MK.

” Dengan mengirim SMS kapada Akil Mochtar terkait pengurusan perkara yang menyatakan telah disiapkan uang Rp 1 miliar,” ungkap majelis.

Wawan menjadi penyandang dana bagi calon bupati Lebak. Dia lalu melobi Akil supaya memenangkan pasangan calon bupati dan calon wakil bupati Lebak periode 2013-2018, Amir Hamzah-Kasmin.

“Terdakwa bersifat aktif mempengaruhi Akil Mochtar selaku hakim Mahkamah Konstitusi,” lanjut Artidjo.

Pada pengadilan tingkat pertama Wawan dipidana penjara selama 5 tahun. Suami Walikota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diani itu juga dikenakan denda sebesar Rp 150 juta subsider 3 bulan kurungan.

Tidak menerima Vonis tersebut Wawan mengajukan banding di Pengadilan Tinggi Jakarta, namun ditolak.  Putusan itu lalu dikuatkan hakim kasasi MA. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.