Kamis, 7 Juli 22

Luncurkan SRG dan PLK, Kemendag Optimis Tingkatkan Inflasi

Luncurkan SRG dan PLK, Kemendag Optimis Tingkatkan Inflasi
* Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita.

Jakarta, Obsessionnews.com – Demi menjaga pasokan pangan nasional sesuai keinginan Presiden Joko Widodo (Jokowi) Kementerian Perdagangan sedang fokus mengembangkan system Pasar Lelang Komoditas (PLK) Terpadi yang memiliki basis internet dan terintegrasi dengan Sistem Resi Gudang (SRG).

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengungkapkan, system akan sangat membantu pemerintah dalam menjaga pasokan pangan komoditas. Bahkan implikasinya dapat menekan tingkat inflasi.

“Cakupan pasar lelang menjadi lebih luas dan bersifat nasional dapat memunculkan pembentukan harga yang lebih baik dan transparan serta menciptakan efisiensi mata rantai perdagangan,” imbuhnya melalui keterangan tertulis yang diterima Obsessionnews.com, Senin (5/12/2016) siang.

Tak hanya itu adanya SRG dan PLK ini akan mengatasi kendala jarak maupun waktu.

“Hal ini akan mengefisiensikan pemasaran dan membuka akses pemasaran bagi petani, dari yang semula lokal menjadi nasional,” ungkap Mendag.

Selain itu, daya saing komoditas Indonesia di pasar lokal ataupun global juga akan meningkat, mencukupi kebutuhan pangan antardaerah, serta mengoptimalkan nilai jual komoditas yang ditransaksikan sehingga pendapatan petani atau produsen akan lebih meningkat.

Tekanan inflasi juga menjadi hal yang penting. Menurutnya, terintegrasinya SRG dan PLK dapat memperlancar distribusi pangan dan menekan inflasi.

“Implementasi SRG dan PLK secara nasional dapat membantu pemerintah dalam mengendalikan ketersediaan dan kelancaran distribusi komoditas pangan, sehingga inflasi dapat ditekan,” ujarnya. (Aprilia Rahapit)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.