Jumat, 29 Maret 24

Breaking News
  • No items

Luncurkan #GILAsSampah, Mendagri Ingin Penanganan Sampah Dilakukan Seluruh Pemda di Indonesia

Luncurkan #GILAsSampah, Mendagri Ingin Penanganan Sampah Dilakukan Seluruh Pemda di Indonesia
* Mendagri, Muhammad Tito Karnavian luncurkan Gerakan Inovasi Langsung Aksi Tuntaskan Sampah atau #GILAsSampah di Pantai Jerman, Kecamatan Kuta, Kabupaten Badung, Bali. (Foto: Puspen Kemendagri)

Badung, Obsessionnews.com – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian meluncurkan Gerakan Inovasi Langsung Aksi Tuntaskan Sampah atau #GILAsSampah di Pantai Jerman, Kecamatan Kuta, Kabupaten Badung, Bali, Minggu (17/4/2022). Dalam kesempatan itu, Mendagri mengatakan penanganan sampah hendaknya tidak hanya dilakukan Provinsi Bali semata, melainkan juga perlu menjadi atensi seluruh pemerintah daerah (pemda) di Indonesia.

Mengingat Provinsi Bali menjadi salah satu tuan rumah rangkaian kegiatan Presidensi G20 Indonesia, kata Mendagri, penanganan sampah yang optimal serta lingkungan yang bersih mesti benar-benar diperhatikan. Sebab, aspek ini menjadi representasi wajah Provinsi Bali secara khusus, dan Indonesia secara umum, dalam mengimplementasikan kebudayaan timur yang sopan, bersih, dan aman. Apalagi, dalam pelaksanaan G20, salah satu tema yang diangkat yakni mengenai persoalan iklim dan pemanasan global.

“Kita harus tunjukkan juga bahwa kita bisa mengelola lingkungan, yang paling gampang adalah sampah-sampah, harus bagus harus bersih,” ujar Mendagri dikutip Obsessionnews.com Senin (18/4).

Mendagri melanjutkan, penanganan sampah perlu dilakukan dengan kolaborasi berbagai pihak, serta dari hulu dan hilir. Hal ini membutuhkan koordinasi pemerintah pusat dan daerah. Dalam konteks tersebut, Mendagri mengatakan, Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi (Marves) Luhut Binsar Pandjaitan telah menginisiasi gerakan penanganan sampah. Bahkan, Menko Marves juga telah menugaskan salah satu deputinya untuk menghadiri aksi #GILAsSampah bersama kementerian dan lembaga lainnya.

Berkaitan dengan itu, tambah Mendagri, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mengambil bagian untuk menekankan penanganan sampah tidak hanya dilakukan Provinsi Bali. Bahkan, Mendagri mengaku telah mengundang Sekretaris Daerah (Sekda) se-Indonesia dalam agenda pembukaan Indonesia Internasional Waste (IIWAS) Expo Trisenses Bali 2022 yang akan berlangsung Senin, (18/4/2022).

“(Upaya ini) agar semua daerah juga bersih, kotanya bersih, kabupatennya. Bukan dalam rangka G20 saja, bukan hanya untuk Bali saja,” tambah Mendagri.

Dalam agenda IIWAS Expo Trisenses Bali 2022 tersebut, sejumlah pemda akan diundang sebagai pembicara. Adapun topiknya yakni seputar keberhasilan pengelolaan sampah oleh daerah tersebut. Pada kesempatan yang sama, Mendagri juga mengapresiasi upaya penanganan sampah oleh Provinsi Bali. Menurut Mendagri, Bali menjadi salah satu daerah yang baik dalam menangani sampah dari hulu, utamanya dari sumbernya yaitu dari lingkup rumah tangga. Sampah tersebut juga telah dipilah antara organik dan nonorganik. Untuk itu, diharapkan upaya tersebut dapat dicontoh oleh daerah yang lain.

“Bahkan kita lebih awal lagi harusnya memperkuatkan kampanye untuk mengurangi penggunaan barang berbahan dasar plastik, produksi-produksi sampah plastik, kantong kresek plastik, diganti dengan yang organik, ada yang dari ubi segala macam itu banyak sekali produksinya,” tandasnya. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.