Jumat, 29 Maret 24

Breaking News
  • No items

Luis Sarez Sabet Sepatu Emas Eropa

Luis Sarez Sabet Sepatu Emas Eropa
* Striker Barcelona, Luis Suarez.

Obsessionnews – Usai menyandang juara La Liga Spanyol musim ini, Barcelona kembali mendapatkan kegembiraan lain. Striker mereka, Luis Suarez yang sukses menjaringkan 40 gol di liga domestik, dipastikan menyabet Sepatu Emas Eropa.

Pemain timnas Uruguay tersebut unggul atas para striker di liga-liga lainnya di Eropa. Suarez antara lain unggul atas Gonzalo Higuain, capocannoniere Serie A, yang melesakkan 36 gol bersama Napoli. Suarez juga mengungguli striker Real Madrid, Cristiano Ronaldo yang sukses menyarangkan 35 gol.

Bagi Suarez, gelar Golden Boot ini menjadi yang kedua setelah ia memenangkannya pada musim 2013/2014 ketika ia menjaringkan 31 gol bersama Liverpool.

“Saya ingin berterima kasih kepada rekan-rekan di tim ini yang telah membantu sehingga bisa meraih Sepatu Emas Eropa. Tanpa mereka, saya tak bisa meraih pencapaian ini,” ujar Suarez.

Daftar pencetak gol terbanyak di Eropa di masing-masing liga domestik.
Daftar pencetak gol terbanyak di Eropa di masing-masing liga domestik.

Sekadar diketahui, pemenang Sepatu Emas Eropa ditentukan berdasarkan poin hasil pengalian antara jumlah gol dan koefisien pengali liga.

La Liga (Spanyol), Premier League (Inggris), Serie A (Italia), Bundesliga 1 (Jerman), dan Divisi Primeira (Portugal) mempunyai koefisien pengali 2,0. Sementara liga lainnya, seperti Ligue 1 (Prancis), Eredivisie (Belanda), dan Super Lig (Turki) punya koefisien pengali 1,5.

Atas dasar itu, Suarez berhak meraih Sepatu Emas Eropa dengan perolehan 80 poin, disusul Higuain (72), Ronaldo (70), Jonas (Benfica, 62), dan Robert Lewandowski (Bayern Muenchen, 60).

Penghargaan Sepatu Emas Eropa atau Golden Boot dimulai pada musim 1967/1968 oleh majalah L’Équipe dengan nama Soulier d’Or yang dalam bahasa Inggris menjadi Golden Shoe atau Golden Boot.

Sejak tahun 1968 hingga 1991, penghargaan diberikan kepada kepada pencetak gol terbanyak antarliga yang berada di benua Eropa, terlepas dari tingkat kesulitan (kualitas) liga tempat pencetak gol terbanyak tersebut bermain dan jumlah pertandingan yang ia mainkan.

Namun, sejak musim 1996/1997, European Sports Media menganugerahkan Sepatu Emas berdasarkan sistem poin, dimana pemain di liga yang lebih sulit dimungkinkan untuk memenangi penghargaan walaupun jumlah gol yang mereka cetak lebih sedikit dibandingkan pemain lain yang bermain di liga yang lebih lemah.

Adapun daftar peraih Golden Boot dalam 5 tahun terakhir adalah: Cristiano Ronaldo (50 gol, 2014/2015), Luis Suarez (31 gol, 2013/2014), Lionel Messi (46 gol, 2012/2013), Lionel Messi (50 gol, 2011/2012), Cristiano Ronaldo (40 gol, 2010/2011). (Fath @imam_fath)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.