Rabu, 26 Februari 20

Luhut: Kantor Pemerintah Ibu Kota Baru Bebas dari Uang Asing

Luhut: Kantor Pemerintah Ibu Kota Baru Bebas dari Uang Asing
* Luhut Binsar Pandjaitan. (Foto: Menko Kemaritiman)

Jakarta, Obsessionnews.com – Proyek pembangunan ibu kota baru di Kalimantan Timur akan segera dimulai. Banyak pihak yang khawatir pembamgunan ibu kota akan menambah masalah baru, karena pemerintah Indonesia harus meminjam dana asing untuk proses pembangunan.

Pihak Uni Emirat Arab hingga Softbank Jepang misalnya, sudah berminat menanamkan investasi USD 22,8 miliar atau Rp 311,9 triliun melalui sovereign wealth fund. Namun pemerintah menyatakan pembangunan gedung-gedung pemerintahan bebas dari uang asing.

“Kantor pemerintah itu tidak dibayarin orang, kita mau dibayar pakai APBN,” kata Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, di Kantornya, Jakarta, Jumat (17/1/2020).

Nantinya investasi asing di ibu kota baru akan menyasar pendidikan tinggi, rumah sakit hingga pusat penelitian berstandar internasional. “Kluster-kluster lain monggo, bisa kita omongin. Tapi kami yang ngatur loh,” kata Luhut menegaskan.

Tak hanya Jepang, Luhut menyebut investor negara lain seperti Hongkong dan Korea pun tertarik berinvestasi di ibu kota baru. Namun, semua masih dalam tahap negosiasi. Tinggal pemerintah saja yang nanti menentukan investor mana saja yang bisa masuk ke pembangunan ibu kota baru.

Saat ini Presiden Joko Widodo sedang memilih enam sampai tujuh International World Class Desain untuk proyek gedung dan perangkatnya. Beberapa diantaranya berasal dari Amerika dan Jepang.

Terkait porsi investasi dari masing-masing investor, saat ini masih dalam pembahasan. Menko Luhut menyebut akan ada perubahan porsi investasi dalam pembangunan ibu kota baru.

“Kira-kira Presiden buat keputusan itu (investasi ibu kota baru) bulan Januari,” kata Luhut mengakhiri. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.