Kamis, 26 Mei 22

Luhut : Amnesti Untuk Dini Minimi dan OPM Sangat Tepat

Luhut : Amnesti Untuk Dini Minimi dan OPM Sangat Tepat

Jakarta, Obsessionnews.com – Komisi III DPR RI menggelar rapat dengan Kementerian Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan guna membahas pemberian amnesti atau pengampunan bagi kelompok Dini Minimi di Aceh dan kelompok Organisasi Papua Merdeka (OPM).

Dalam kesempatan tersebut, Menkopolhukam Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, pemerintah mengusulkan pemberian amnesti sebagai salah satu solusi yang tepat, agar mereka tidak kembali melakukan gerakan sparatis yang bisa membahayakan negara.

‎”Saya pikir kalau kita memberikan amnesti kepada mereka akan ada dampak yang sangat bagus. Mungkin selama ini Indonesia dianggap terlalu keras,”‎ ujar Luhut di DPR, Kamis (21/7/2016).

Luhut menyatakan, pemerintah sangat mengunjungi tinggi proses hukum yang berlaku. Gerakan Dini Mini memang dianggap salah. Namun, kata dia demi alasan kemanusiaan amensti itu dianggap penting.

“Karena kalau kita berpikir murni hukum, saya kira tidak akan ketemu. Ini demi keamanan nasional yang lebih luas,‎” tuturnya.

Luhut yakin, bila pemerintah terlalu keras menghadapi kelompok itu, maka bisa jadi mereka akan tetap mengangkat senjata dan akan melakukan perlawanan. ‎Amnesti merupakan pendekatan halus, terlebih mereka adalah warga negara Indonesia.

‎Persoalan Ini juga merupakan tindak lanjut dari negosiasi Kepala Badan Intelijen Negara Sutiyoso, saat meminta kelompok itu menyerahkan diri akhir tahun lalu. Saat itu Sutiyoso menyetujui diberikan amnesti bagi Dini Mini.

‎Sementara pemerintah juga mengusulkan pemberian amnesti juga diberikan kepada ‎mantan Panglima OPM Goliath Tambuni yang telah menyerahkan diri 23 Maret 2015. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.