Senin, 6 Juli 20

Luar Biasa! Sutrisna Wibawa Bawa UNY Semakin Bersinar

Luar Biasa! Sutrisna Wibawa Bawa UNY Semakin Bersinar
* Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Prof. Dr. Sutrisna Wibawa, M.Pd. (Foto: dok. pribadi)

Tak hanya itu. Sutrisna pun berhasil membuktikan prestasi dan pencapaian UNY yang kian hari semakin cemerlang. Tengok saja publikasi ilmiah internasional terindeks scopus yang melonjak tajam, dari hanya 69 pada akhir 2016, kini menjadi 1896 artikel.

“Salah satu jurnal UNY, Cakrawala Pendidikan,  telah terindeks scopus, bahkan mendapat penghargaan Jurnal Terbaik nasional pada tahun 2019,” ucapnya.

Bidang kemahasiswaan pada tahun 2019 berada di peringkat 4 nasional yang sebelumnya peringkat 5. Sementara untuk student mobility, yaitu pergerakan mahasiswa ke berbagai negara, kini sebanyak 155 mahasiswa. Tak kalah membanggakan adalah jumlah lulusan sekitar 82,67% sudah terserap di lapangan pekerjaan.

“Ini luar biasa, artinya lulusan kita ini unggul memiliki daya kompetisi sehingga dia masuk lapangan pekerjaan,” tandasnya.

Kemudian untuk riset UNY berada di peringkat 16 nasional dengan klaster mandiri dan peringkat 8 nasional klaster unggul untuk nilai pengabdian pada masyarakat. Belum lagi peningkatan jumlah guru besar yang melonjak, bertambah 18 guru besar baru pada tahun 2019.

“Lalu jumlah doktor juga meningkat, kini sudah 402, jumlah dosen untuk studi lanjut juga meningkat, sekarang ada 279 yang sedang studi lanjut S3. Ini tentunya akan menambah jumlah doktor dalam dua sampai tiga tahun ke depan. Dan ini adalah salah satu indikator menuju WCU, tenaga dosen harus S3,” ujar Sutrisna.

Akreditasi prodi juga cukup mencengangkan. Sebanyak 71 prodi sudah terakreditasi A, dan yang belum pernah dicapai sebelumnya adalah akreditasi internasional. Pada 2019 UNY berhasil meraih akreditasi internasional sebanyak 39 program studi. Tak kalah membanggakan adalah peningkatan Hak Kekayaan Intelektual dalam dua tahun terakhir ini melonjak tajam, tahun 2018 berhasil mencartatkan 425 HKI dan tahun 2019 ada 487 HKI.

Lalu penghargaan green matric, UNY masuk peringkat 23 nasional sebagai green campus. Peringkat versi 4 International Colleges Universities (4ICU) memperoleh peringkat tertinggi selama ini, yaitu menduduki 2 nasional pada tahun 2019. THE World University Rankings memperoleh peringkat 7 nasional.

Halaman selanjutnya

Pages: 1 2 3 4

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.