Sabtu, 29 Januari 22

Luar Biasa, Manfaat Makan Pisang di Malam Hari

Luar Biasa, Manfaat Makan Pisang di Malam Hari
* Pisang.

Ternyata, buah pisang banyak bermanfaat bagi kesehatan tubuh jika dimakan di malam hari. Kandungan pisang memiliki provitamin A berupa betakaroten (45 mikrogram per 100 gram berat kering). Pisang juga mengandung vitamin B, yakni tiamin, riboflavin, niasin, dan vitamin B6 (piridoksin).

Inilah manfaat pisang yang dikonsumsi di malam hari :

1. Menurunkan Tekanan Darah
Bagi penderita tekanan darah tinggi, juga disarankan untuk mengonsumsi pisang sebanyak dua kali dalam sehari. Kandungan kalium dalam pisang nantinya yang akan membantu dalam menurunkan tekanan darah. Kalium akan bertindak sebagai penyeimbang efek negatif dari garam pada tubuh. Sehingga dampaknya bisa membantu dalam proses penurunan tekanan darah.

2. Menurunkan Berat Badan
Kandungan dari pisang yang kaya akan serat yang tinggi, membuat kita merasa kenyang dalam jangka waktu yang lama. Sehingga pisang juga mengandung pati resisten yang akan membantu kamu mengurangi nafsu makan. Maka efeknya akan membantu dalam mengontrol makanan dan menurunkan berat badan.

3, Meningkatkan asupan serat
Pisang kaya kandungan serat sebagai zat yang sangat penting untuk membuat sistem pencernaan menjadi baik. Tidak hanya itu, serat juga memlihara kesehatan jantung serta mengurangi kemungkinan diabetes. Makan pisang di malam hari bisa memenuhi dosis yang dianjurkan untuk mengonsumsi serat bagi tubuh.

4. Mengurangi Insomsia
Pisang mengandung zat tryptophan yang dibutuhkan tubuh untuk memproduksi serotonin, yakni hormon bahagia dalam tubuh. Di dalam pisang juga memikiki kandungan 27 miligram magnesium yang akan membantu meningkatkan kualitas tidur sehat. Makan pisang di malam hari membuat hormon meningkat. Karena pisang memiliki kandungan triptofan dan asam amino yang meningkatkan tingkat melatonin dan menyembuhkan insomnia.

5. Menyehatkan Pencernaan
Buah pisang memiliki kandungan pati resisten yang bisa dicerna dengan mudah oleh pencernaan. Sehingga baik penderita maag pun juga disarankan untuk mengonsumsi buah pisang, di tambah lagi jika penderita diare bisa memakan buah pisang untuk membantu mengembalikan kebutuhan mineral yang hilang.

6. Meningkatkan asupan nutrisi tubuh
Kalium dan mineral sangat penting untuk tubuh setiap harinya. Karena dapat menjaga masalah seperti tekanan darah tinggi. Orang dewasa harus memiliki dosis kalium 4700mg per hari. Tetapi seringnya justru kita tidak memiliki itu. Makan pisang di malam hari dapat menebus kekurangan kalium. Makan pisang di malam hari dapat mencukupi dosis harian untuk magnesium yang merupakan nutrisi penting bagi tubuh.

7. Pengganti gula
Kebanyakan dari kita selalu ingin merasakan makanan yang manis setelah makan malam. Sayangnya, makanan manis di malam hari dapat menyebabkan banyak kerugian, salah satunya adalah obesitas. Untuk mengatasi permasalahan ini, pisang bisa menjadi solusi. Meskipun pisang bukan makanan yang bergula, namun terbukti sangat menguntungkan. Pisang tidak hanya mencukupi kebutuhan manis, tapi juga memberi kita banyak nutrisi penting.

8. Mengurangi kram otot
Jika Anda sering mengalami kram otot di malam hari karena beberapa alasan, maka makan pisang bisa mengurangi risiko tersebut. Sekali lagi, kandungan pisang memiliku dua elektrolit, yaitu kalium dan magnesium yang terbukti membantu ‘mengatur’ ketidakseimbangan pada tubuh yang dapat menjadi salah satu alasan terbesar kram otot. (*/Red)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.