Rabu, 7 Desember 22

Luar Biasa! Diikuti 22 Negara, Tim Riset MAN 1 Kuansing Juara Kompetisi Sains Internasional

Luar Biasa! Diikuti 22 Negara, Tim Riset MAN 1 Kuansing Juara Kompetisi Sains Internasional
* Tim Sains MAN 1 Kuansing, Riau. (Foto: kemenag.go.id)

Riau, obsessionnews.com – Luar biasa! Tim Riset Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kuantan Singigi, Riau,memetik prestasi cemerlang dengan meraih medali emas atau Gold Medal for Engineering Category Youth International Science Fair (YISF).

Baca juga: 

Jatim Raih Juara Umum Kompetisi Sains Madrasah 2021

Pelajar Indonesia Juara Dunia di Kompetisi Sains Internasional Serbia

Tim Riset MAN Kuansing memaparkan karya WATERCARE, yakni device system monitoring quality of water base on Internet of Things. Hasil riset ini memperoleh Penghargaan Malaysia Young Scientist Organization (MYSO) Special Award dan menjadi The Best High School Team YISF 2022. Dengan capaian tersebut tim mendapat beasiswa full sampai tamat dari Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang, Jawa Tengah.

Hal tersebut berdasarkan keputusan dewan juri yang disampaikan pada Awarding Ceremony, Kamis (17/3/2022) di Gedung Udinus.

Dikutip obsessionnews.com dari situs resmi Kementerian Agama (Kemenag), Minggu (20/3), Kepala MAN 1 Kuantan Singingi Suhelmon mengatakan, YISF 2022 merupakan kompetisi kreativitas antar siswa mulai dari tingkat Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) maupun sederajat, hinggmmm.m.. MBa perguruan tinggi.

Tujuan kompetisi ini untuk menjadi tempat yang tepat bagi peneliti- peneliti muda dalam mengevaluasi ide dan karya yang telah diproduksi.

Tahun 2022 ajang ini diikuti oleh 459 Tim dari 22 negara yaitu Thailand, Filipina, Turki, Rumania, UAE, Khazakstan, Srilanka, USA, Taiwan, Malaysia, Indonesia, Meksiko, Hongkong, Serbia, Brasil, Korea Selatan, Poerto Rico, Vietnam, Macedonia, Russiq, dan Azerbaijan.

Adapun Tim Riset MAN 1 Kuantan Singingi yang berhasil meraih Gold Medal yaitu Alif Abdillah, Gavran Ziksan, Mayes Govy Haeva, dan Widi Aminarti. Mereka bekerja di bawah bimbingan M Solikin dan didukung penuh dari Madrasah.

Pemenang YISF jenjang SMA, SMK, maupun sederajat berkesempatan mendapatkan beasiswa dari Udinus di seluruh program studi yang berada di Udinus. Beasiswa 100 % untuk peraih medali emas, 75% untuk medali perak, dan 50% untuk medali perunggu.

Raihan prestasi tim sains MAN 1 Kuansing mendapat apresiasi dari Kakanwil Kemenag Riau Mahyudin.

“Alhamdulillah kabar gembira dan luar biasa kembali kami terima dengan medali emas yang didapatkan oleh Tim Riset MAN 1 Kuantan Singingi di ajang Internasional. Semoga ini menjadi hadiah terindah bagi madrasah di Riau untuk terus mengembangkan kemampuannya di bidang sains,” ucapnya.

Ucapan terima kasih dan apresiasi juga ia sampaikan kepada siswa dan para guru yang telah berjuang dengan gigih hingga mencapai hasil yang luar biasa.

Ia berharap generasi muda madrasah khususnya di provinsi Riau tidak berhenti untuk terus berinovasi. Dengan adanya ajang perlombaan, semakin terpacu dan terus terpacu untuk menciptakan sesuatu yang bermanfaat bagi masyarakat luas. (red/arh)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.