Rabu, 11 Desember 19

Luar Biasa! Akhirnya Indonesia Berhasil Miliki 51% Saham Freeport

Luar Biasa! Akhirnya Indonesia Berhasil Miliki 51% Saham Freeport
* Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Menteri ESDM Ignasius Jonan, dan Menteri BUMN Rini Soemarno menyaksikan PT Freeport McMoRan Inc. (FCX) dan PT Rio Tinto menandatangani sejumlah perjanjian terkait penjualan saham FCX dan hak partisipasi Rio Tinto di PT Freeport Indonesia (PTFI) ke PT Inalum di kantor Kementerian ESDM, Jakarta Pusat, Kamis (27/9/2018) . (Foto: dok. Sri Mulyani/Facebook)

Jakarta, Obsessionnews.com – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati  mengatakan, pemerintah Indonesia lewat PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) akan memiliki saham mayoritas perusahaan tambang asal Amerika Serikat, PT Freeport Indonesia, yakni sebesar 51%. Sebelumnya Indonesia hanya memiliki saham Freeport 9%.

Hal itu diungkapkan Sri melalui tulisannya di laman Facebooknya, Kamis (27/9/2018) malam.  Berikut tulisan lengkap Sri di laman Facebookny:

Hari ini saya bersama Menteri ESDM Ignasius Jonan dan Menteri BUMN Rini Soemarno menyaksikan Freeport McMoRan Inc. (FCX) dan Rio Tinto, melakukan penandatanganan sejumlah perjanjian terkait penjualan saham FCX dan hak partisipasi Rio Tinto di PT Freeport Indonesia (PTFI) ke INALUM.

Sejumlah perjanjian tersebut meliputi Perjanjian Divestasi PTFI, Perjanjian Jual Beli Saham PT Rio Tinto Indonesia (PTRTI), dan Perjanjian Pemegang Saham PTFI.

Penandatanganan dilakukan oleh Direktur Utama INALUM Budi G. Sadikin, dan CEO FCX Richard Adkerson di kantor Kementerian ESDM, Jakarta Pusat.

Dengan demikian jumlah saham PTFI yang dimiliki INALUM akan meningkat dari 9,36% menjadi 51,23%. Pemda Papua akan memperoleh 10% dari 100% saham PTFI.

Pemerintah Indonesia, lewat INALUM akan memiliki saham mayoritas PT Freeport Indonesia sejumlah 51% setelah selama ini hanya memiliki PTFI sebesar 9%.

Pengambilan 51 persen saham ini dilakukan dengan proses yang tidak mudah namun dengan komitmen dari pemerintah untuk memperjuangkan yang terbaik bagi negara di semua lini, baik dari penerimaan negara, pembangunan smelter, dari sisi pengelolaannya dan tetap menghormati keseluruhan dari para investor yang datang ke Indonesia.

Saya ingin sampaikan bahwa seluruh proses ini adalah proses yang luar biasa bagi RI dibawah kepemimpinan Bapak Presiden Joko Widodoyang meminta kami para menteri untuk menegosiasikan atas nama pemerintah Indonesia.

Dengan kepala tegak dan sangat tahu persis apa yang kita perjuangkan dan dilakukan secara transparan sehingga dapat menghasilkan PT Freeport Indonesia yang dapat beroperasi dengan baik untuk kepentingan seluruh bangsa Indonesia. (arh)

 

Baca juga:

DPD Kecewa Freeport Belum Sepakati Penyelesaian Sengketa Pajak Air

Inalum Pinjam Dana Asing untuk Beli Saham Freeport

Jokowi Soal Divestasi 51 Persen Saham Freeport: Itu Perjuangan yang Tak Mudah

Divestasi Freeport Harus Dibayar dengan Jumlah Mahal

Prestasi Pencitraan Pemerintah Atas Freeport

Divestasi Freeport, Jangan Eforia

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.