Selasa, 24 Mei 22

LSPR Luluskan 440 Mahasiswa Terpilih dari 142 Perguruan Tinggi di Indonesia dalam Program KMMI

LSPR Luluskan 440 Mahasiswa Terpilih dari 142 Perguruan Tinggi di Indonesia dalam Program KMMI
* LSPR meluluskan 440 mahasiswa terpilih dari 142 perguruan tinggi di Indonesia dalam subjek Public Speaking & Personal Branding serta Entrepreneurship & Leadership pada Jumat (29/10/2021.(Foto: LSPR)

Jakarta, obsessionnews.com – Suksesnya penyelenggaraan program Kredensial Mikro Mahasiswa Indonesia (KMMI) 2021, LSPR meluluskan 440 mahasiswa terpilih dari 142 perguruan tinggi di Indonesia dalam subjek Public Speaking & Personal Branding serta Entrepreneurship & Leadership pada Jumat (29/10/2021).

Baca juga: 

LSPR Ajak Masyarakat Selalu Waspada Terhadap Bencana

LSPR Gelar Pelatihan Kegiatan Pengabdian Masyarakat Bagi Dosennya

Closing Ceremony dan Showcase KMMI dibuat dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda mengangkat tema “Bersatu, Bangkit, dan Tumbuh menjadi Generasi Indonesia Unggul”.

Penyelenggaraan KMMI ini merupakan penerapan kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. KMMI LSPR diikuti 240 mahasiswa terpilih untuk subjek Public Dpeaking & Personal Branding, sedangkan untuk subjek Entrepreneur & Leadership diikuti 200 mahasiswa terpilih dari seluruh Universitas di Indonesia.

Institut Komunikasi dan Bisnis LSPR dalam hal ini terus berupaya untuk mengembangkan kualitas pendidikannya untuk menghasilkan lulusan yang kompeten, mandiri, kreatif, inovatif serta memiliki keterampilan khusus untuk bersaing di tingkat global. Salah satunya diwujudkan melalui program KMMI.

“KMMI LSPR berfokus dalam program upscaling dan upgrading skill guna mempersiapkan mahasiswa yang memiliki kompetensi unggul antara dunia kampus dan dunia industri atau usaha. Saya mengucapkan terima kasih kepada dosen mata kuliah, dosen praktisi dan tutor yang berpartisipasi. Terima kasih kepada 440 mahasiswa yang berpartisipasi,” kata Rektor Institut Komunikasi dan Bisnis LSPR Dr. Andre Ikhsano.

Dia menambahkan, situasi pandem ini harus dapat dimanfaatkan oleh Mahasiswa untuk mengikuti kegiatan yang bermanfaat. Mahasiswa yang unggul dan keren, yaitu yang aktif mengikuti program KMMI, Pekan Kreativitas Mahasiswa, aktif berorganisasi, aktif membangun networking dan haus akan pengembangan diri.

Berdasarkan laporan KMMI LSPR dari ketua pelaksana dan Dekan Fakultas Bisnis LSPR Yuliana R. Prasetyawati, KMMI LSPR berhasil menyaring 440 mahasiswa dari 142 oerguruan tinggi di Indonesia. KMMI LSPR mengakomodir 86% berasal dari oerguruan tinggi di wilayah Indonesia bagian barat, 13,3% Indonesia bagian tengah, dan 0,7% Indonesia Bagian Timur. Proses pembelajaran dilakukan dengan melibatkan mahasiswa secara interaktif dengan basis konsep dan ketrampilan agar sesuai dengan kebutuhan dunia industri, dunia usaha.

“Materi ajar disampaikan dengan menggunakan modul kegiatan belajar mengajar yang diimplementasikan secara efektif sesuai dengan silabus yang sudah disiapkan,” tuturnya.

Selain itu, lanjutnya, mahasiswa diberikan tugas individu dan berkelompok untuk  mengasah kemampuannya mengembangkan pengetahuan, keterampilan dan sikap untuk siap bersaing di dunia usaha. Untuk subjek Entrepreneurship & Leadership, mahasiswa diberikan tugas untuk membuat proposal pendirian suatu usaha yang dapat direalisasikan nantinya. Kemudian untuk subjek Public Speaking & Personal Branding, mahasiswa dilatih dan diberi tugas praktik untuk menjadi Public Speaker yang profesional.

Kualitas pelaksanaan KMMI LSPR dinyatakan hasilnya sangat bai Hal ini disampaikan Yuliana sebagai Ketua. KMMI LSPR mengadakan survei kepada mahasiswa yang sudah berpartisipasi. Reliability, kemampuan dalam memberikan pelayanan sesuai dengan kebutuhan mahasiswa, Empathy, dosen dan tutor memahami kepentingan dan kesulitan mahasiswa sehingga memonitoring kemajuan mahasiswa. Tangibles, kualitas pelayanan system akademik yang memudahkan mahasiswa dalam proses pembelajaran online. Assurance, ahasiswa percaya bahwa segenap dosen dan tutor KMMI dipercaya kompeten dalam menyelesaikan masalah. Dan Responsiveness, dosen dan tutor sangat cepat tanggap dalam merespons dan memberikan feedback untuk mahasiswa.

Dalam seremonial penutupan pada Jumat (29/10), KMMI LSPR memberikan apresiasi sertifikat untuk 33 peserta terbaik dari sebelas kelas Public Speaking & Personal Branding serta kelas Entrepreneurship & Leadership. Selain itu, mahasiswa terbaik mendapatkan apresiasi tambahan dari mitra KMMI LSPR dengan total Rp 11.000.000 dari PT IFS Solusi Integrasi. Untuk 440 mahasiswa keseluruhan juga diberikan apresiasi sertifikat kepesertaan KMMI sebagai portofolio yang akan membantu keterampilan mahasiswa dan juga akan menjadi relevansi antara perguruan tinggi dengan dunia usaha.

Direktur Utama PT IFS Solusi Integrasi Thomas D. Susmantoro mengucapkan terima kasih dan rasa bangga mendapatkan  kesempatan untuk berpartisipasi dalam program KMMI yang diselenggarakan oleh LSPR sebagai salah satu perguruan tinggi terkemuka di Indonesia.

“Sebagai pengguna lulusan yang dihasilkan oleh perguruan tinggi, kami merasa perlu ikut serta berkontribusi menjadi bagian dalam menyiapkan dan menghasilkan anak bangsa yang lebih siap untuk masuk ke dalam dunia usaha atau industri, baik sebagai professional ataupun menjadi entrepreneur. Semoga program ini bisa terus dijalankan secara berkesinambungan sehingga nantinya dapat dihasilkan link and match yang nyata antara pendidikan dengan dunia usaha, tentunya dengan menghasilkan anak bangsa yang lebih siap, berkualitas dan mampu bersaing di tingkat global,” katanya.

Salah satu mahasiswa terbaik Public Speaking & Personal Branding menyampaikan testimoni terkait pelaksanaan program KMMI LSPR yang sangat bermanfaat. Annisa Rizkyta, mahasiswa Ilmu Hubungan Internasional Universitas Jember, menuturkan,”Untuk saya pribadi, proses belajar mengajar berjalan sangat hidup, nyaman, dan engaging, kami diberi ruang untuk aktif di kelas, tidak hanya pasif mendengarkan materi. Ada keseimbangan antara teori dan praktek yang membuat proses pembelajaran terasa lebih efektif. Manfaatnya bahkan sudah bisa saya rasakan sebelum program ini berakhir. Harapan saya adalah program ini terus berlanjut untuk memberdayakan lebih banyak orang.”

Melalui program ini, diharapkan kelak akan melahirkan lulusan mahasiswa unggulan yang siap memenangkan tantangan dunia yang semakin kompleks serta mengantarkan negara ini menjadi Indonesia Emas di tahun 2045. (red/arh)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.