Kamis, 17 Oktober 19

LPDP Alokasikan Rp 1 Triliun untuk Mahasiswa Belajar di Universitas Terbaik Dunia

LPDP Alokasikan Rp 1 Triliun untuk Mahasiswa Belajar di Universitas Terbaik Dunia
* Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. (Foto: Sri Mulyani/Facebook)

Jakarta, Obsessionnews.com –  Suatu bangsa akan menjadi bangsa besar jika memiliki sumber daya manusia yang mumpuni. Dalam konteks ini Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati melalui tulisannya di akun Facebooknya, Selasa (13/11/2018), mengemukakan Indonesia harus bisa memiliki banyak lulusan dari berbagai bidang dari universitas terbaik di dunia. Hal ini dimaksudkan agar bangsa Indonesia dapat meningkatkan cara berpikir dalam menyelesaikan suatu masalah.

Salah satu upaya pemerintah untuk mencetak sumber daya manusia yang jempolan adalah memberikan beasiswa melalui Lembaga Pengelolaan Dana Pendidikan (LPDP). Melalui lembaga ini pemerintah mengalokasikan dana sebesar Rp 1 triliun untuk memberikan beasiswa kepada mahasiswa Indonesia agar dapat belajar di universitas terbaik di dunia.

Berikut tulisan lengkap Sri di Facebook:

Kualitas sumber daya manusia adalah salah satu faktor penting untuk dapat meningkatkan kemajuan suatu bangsa. Indonesia harus bisa memiliki banyak orang yang lulus dari universitas terbaik di dunia dari segala bidang. Dengan begitu, bangsa Indonesia dapat meningkatkan cara berpikir dalam menyelesaikan suatu masalah. Suatu bangsa hanya akan menjadi bangsa yang besar apabila kualitas sumber daya manusianya bagus.

Maka delapan tahun yang lalu dibentuklah Lembaga Pengelolaan Dana Pendidikan (LPDP), dimana pemerintah berinisiatif untuk mengalokasikan dana sebesar 1 triliun rupiah untuk memberikan beasiswa kepada mahasiswa Indonesia agar dapat belajar di universitas terbaik di dunia.

Dalam perkembangannya, Presiden Joko Widodo memberikan arahan agar peserta yang berasal dari lulusan pondok pesantren diberikan afirmasi untuk dapat mendapatkan juga beasiswa dari LPDP.

Untuk itulah, pada hari Senin 12 November 2018, saya dan Menteri Agama meluncurkan secara resmi beasiswa santri melalui LPDP bertempat di Auditorium KH. M. Rasjidi Kementerian Agama.
Program ini merupakan hasil kerja sama antara Kementerian Keuangan Republik Indonesia , Kementerian Agama, dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.

Beasiswa santri ditujukan bagi santri untuk menempuh pendidikan jenjang magister dan doktoral di dalam dan luar negeri.
Sasaran program ini terdiri dari peserta didik, pendidik, dan/atau tenaga kependidikan di pondok pesantren yang aktif selama minimal tiga tahun terakhir.

Sebagai wujud kecintaan terhadap negara Indonesia, penerima beasiswa setelah lulus wajib mengabdi minimal 2n+1 masa studi.

Dengan diluncurkannya beasiswa santri, kami berharap adanya peningkatan kapasitas santri menjadi sumber daya manusia yang produktif, berkualitas, berdaya saing, dan garda terdepan dalam mengusung nilai-nilai ke-Indonesia-an. (arh)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.