Jumat, 26 April 24

LPDB Target Penyaluran Dana Bergulir Tahun Ini Sebesar Rp 1,2 T

LPDB Target Penyaluran Dana Bergulir Tahun Ini Sebesar Rp 1,2 T
* Direktur Utama LPDB-KUMKM Braman Setyo menggelar jumpa pers di Jakarta.

Jakarta, Obsessionnews.com – Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (LPDB-KUMKM) menargetkan penyaluran dana bergulir pada tahun ini sebesar Rp 1,2 triliun. Terdiri dari Rp 750 miliar untuk pola konvensional, dan Rp 450 miliar pola syariah.

Direktur Utama LPDB-KUMKM Braman Setyo mengungkapkan bahwa dalam menyalurkan dana bergulir pihaknya akan menjalankan beberapa strategi. Yaitu, memperkuat networking untuk membantu proses penyaluran dan pengembalian.

Seperti perusahaan penjaminan Jamkrindo dan seluruh Jamkrida), Kementerian BUMN, Yayasan Santripreneur, Young on Top (Billy Boen), hingga 34 Dinas Koperasi dan UKM di seluruh Indonesia.

“Ini merupakan bagian dari paradigma baru LPDB-KUMKM, dimana menempatkan perusahaan penjaminan di awal proses pengajuan dana bergulir di LPDB-KUMKM. Sebelumnya, perusahaan penjaminan ditempatkan di akhir pengurusan,” kata Braman kepada wartawan di Jakarta, Rabu (10/1/2018).

Strategi kedua, lanjut Braman, lebih memperkuat IT kerjasama dengan services provider untuk lebih menjangkau UKM di seluruh pelosok Indonesia.

“UKM tidak perlu lagi datang ke Jakarta untuk mengurus dana bergulir, karena bisa diurus melalui sistem Fintech. Kita sedang menunggu rekomendasi dari OJK, terkait vendor fintech mana yang bisa kerjasama. Fintech ini di awalnya akan menyasar para wirausaha pemula,” kata Braman.

Ketiga, LPDB-KUMKM akan membangun Core Micro Financing System (CMFS) dimana dengan adanya sistem tersebut seluruh aktifitas pembiayaan dari LPDB-KUMKM akan diakses secara online yang bertujuan untuk mempermudah koperasi dan UKM mengakses pembiayaan.

“LPDB-KUMKM nantinya bisa memantau secara realtime para debitur dana bergulir,” terangnya.

Keempat, LPDB akan melakukan perombakan SOP dengan berkoordinasi dengan lembaga penjaminan. Sekarang, perusahaan penjaminan yang akan menjaring koperasi yang ingin mengajukan dana bergulir. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.