Jumat, 6 Desember 19

LPDB-KUMKM akan Batasi Bunga Koperasi kepada Anggota

LPDB-KUMKM akan Batasi Bunga Koperasi kepada Anggota
* Direktur Utama LPDB-KUMKM, Braman Setyo berbicara dalam acara Forum Komunikasi Koperasi dan UMKM Pelaksanaan Forum SKPD Tahun 2018 di Kota Makassar, Sulsel.

Makassar, Obsessionnews.com – Direktur Utama Lembaga Pengelola Dana Bergulir – Koperasi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (LPDB-KUMKM) Braman Setyo menegaskan bahwa ke kepannya pihaknya akan menentukan batas maksimal koperasi simpan pinjam (KSP) memberikan bunga dana bergulir kepada anggota.

Meski LPDB-KUMKM telah memberikan bunga murah kepada KSP sebesar 7 persen per tahun sliding, namun dalam prakteknya kerap kali KSP menyalurkan dana bergulir kepada anggota dengan menerapkan bunga yang tinggi.

“Jika Koperasi Simpan Pinjam yang mendapat dana bergulir, akan kami batasi bunga maksimal yang akan disalurkan ke anggota meskipun bunga sudah ditentukan oleh RAT, tujuannya agar anggota tidak tercekik,” kata Braman melalui siaran pers di Makassar, Sulsel, Rabu (7/3/2018).

Braman ingin dengan dibatasinya bunga maksimal, anggota KSP tidak terbebani. Karena menurutnya dari LPDB-KUMKM sudah memberikan bunga yang murah, sehingga pada tahap pelaksanaan terhadap anggota pun demikian.

“Dari LPDB sudah murah, sampai ke anggota juga harus murah, supaya dapat membantu anggotanya tanpa harus memberatkan dengan bunga,” lanjut Braman.

Tidak hanya itu, LPDB juga akan menurunkan batas minimal plafond pengajuan kepada UKM. Sebelumnya LPDB menetapkan batas minimal sebesar Rp 250 juta dan rencananya ke depan akan diturunkan sehingga dapat diakses oleh lebih banyak oleh UMKM.

Braman juga berkomitmen memproses proposal pinjaman yang masuk ke LPDB-KUMKM maksimal 21 hari kerja dengan syarat dokumen yang diterima LPDB-KUMKM sudah lengkap dan benar.

“Kita menyalurkan 21 hari kerja dengan syarat dokumennya lengkap dan benar yang sebelumnya telah diproses oleh lembaga penjamin maksimal 10 hari kerja” jelas Braman. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.