Kamis, 21 Oktober 21

Longsor Hambat Kegiatan Warga

Longsor Hambat Kegiatan Warga

Subang – Untuk menanggulangi pasca longsor di Desa Sukamelang, Kecamatan Kasomalang, Kabupaten Subang Jawa Barat, akan diupayakan mengalihlan jalur jalan baru ke bagian tanah yang lebih stabil. Menurut Pjs. Kepala Desa Sukamelang, Hassanudin, upaya membuat jalan tersebut memerlukan pembebasan tanah sepanjang 1 km dengan lebar 4 meter. “Membuat jalan baru diperkirakan perlu 1 km dengan lebar 4 meter,” ujar Hassanudin kepada Obsessionnews.com, Selasa (27/1/2015).

Selanjutnya pembuatan jalur jalan baru tersebut diiringi dengan penyesuaian membuat saluran air (drainase) supaya mengurangi arus air dari bagian atas. Apabila hujan lebat pembuangan air relatif mengarah kepada 1 titik. Akibatnya gerusan air pada tanah lebih besar dan berakibat longsor.

Hassanudin mengatakan, longsor di desanya terjadi pada Minggu (25/1) sekitar pukul 5 sore. Saat itu turun hujan lebat dengan disertai angin yang kuat. Besarnya air hujan yang turun menggerus tanah dan mengakibatkan jalan sepanjang 3 meter rontok akibat derasnya arus air.

Dari pantauan Obsessionnews.com di lokasi, akibat dari longsor sempat memutus jalan 148 warga yang terdiri 2 RT yang akan menuju Desa Tenjolaya. Jalan yang longsor tersebut merupakan jalur utama aktivitas warga untuk ke desa lain dan siswa yang menuju sekolahnya.

Untuk menanggulangi sementara, warga membuat jalur jalan darurat selebar 3 meter yang mengambil tanah milik warga dan membuat pagar dari bambu. (Teddy Widara)

Related posts