Senin, 15 Agustus 22

Lokasi Eril Hilang Sudah Ada Peringatan: “Apakah Anda Aman?”

Lokasi Eril Hilang Sudah Ada Peringatan: “Apakah Anda Aman?”
* Sungai Aare, di Bern, Swiss, lokasi populer yang kerap dikunjungi warga lokal maupun turis asing. (iStockphoto)

Ternyata, di tempat sungai Aare di Bern, Swiss, lokasi anak Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Khan Mumtadz (Eril), sudah ada peringatan ‘Aare You Safe’ (Apakah Anda Aman?)

Kota Bern, lokasi Sungai Aare berada, telah lama meluncurkan kampanye ‘Aare You Safe?’ untuk mengingatkan masyarakat akan bahaya di sungai tersebut.

Sungai Aare kini jadi sorotan publik Indonesia karena anak Ridwan Kamil, Emmeril Khan Mumtadz (Eril), pada Kamis (26/5) waktu setempat.

“Kota Bern dan berbagai mitra organisasi meluncurkan kampanye berjudul ‘Aare You Safe?’ untuk kembali mengingatkan masyarakat akan bahaya yang mengintai di sungai Aare,” demikian pernyataan dari situs resmi Kota Bern.

“Moto ‘itu bukan permainan’ dimaksudkan untuk mengirimkan pesan bahwa berenang di sungai bisa menyenangkan, jika taat hukum,” lanjut pernyataan tersebut.

Selain itu, Kota Bern mengingatkan kepada para perenang yang bukan warga lokal agar tetap waspada bila berenang di sungai tersebut.

Sementara itu, pencarian Eril masih dilakukan hingga saat ini, Sabtu (27/5) dan dimulai sejak pukul 09.00 waktu setempat.

Eril hilang setelah berenang menyusuri Sungai Are pada Kamis (26/5). Namun, ia disebut terseret arus dan hilang.

KBRI Bern juga mengungkap mereka telah mengerahkan tim pencarian dan penyelamatan (SAR) di sepanjang Sungai Aare mulai pukul 10.00 sampai 15.00 waktu setempat, Kamis (26/5).

Namun, tim SAR belum mendapatkan hasil yang diharapkan hingga pukul 18.00 waktu setempat, pada hari yang sama.

Tim SAR menyatakan pencarian Eril adalah prioritas. Kedutaan Besar RI di Swiss juga sudah berkoordinasi dengan berbagai pihak untuk upaya pencarian tersebut.

Lokasi Populer, Polisi Berjaga Tiap Hari
Duta Besar RI untuk Swiss, Muliaman D Hadad mengatakan bahwa Sungai Aare tempat hilangnya anak Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril merupakan lokasi wisata populer di negara tersebut.

“Karena sungai Aere ini populer, terutama musim semi dan musim panas, terutama musim libur sekolah,” kata Muliaman Hadad dalam konferensi pers online, Sabtu (28/5).

Hadad menjelaskan bahwa polisi sungai Aare selalu bertugas menjaga kawasan itu setiap harinya. Sebab, banyak warga yang berwisata menikmati keindahan di Sungai Aare.

“Warga berkumpul di sungai ini. Setiap hari polisi sungai bertugas mengawasi sungai itu,” kata dia.

Terkait pencarian Eril, Hadad mengatakan pihak kepolisian setempat telah membentuk tim pencarian dan pertolongan atau tim SAR. Mereka akan menyusur seluruh area potensial untuk menemukan Eril di Sungai Aare.

Hadad menjelaskan Tim SAR setempat mengerahkan teknologi untuk menemukan Eril. Salah satunya penggunaan drone dengan sensor deteksi panas tubuh.

“Tim SAR terdiri dari 20 orang terdiri dari polisi sungai, polisi medis, dan pemadam kebakaran. Jadi ada khusus polisi sungai,” kata dia.

“Pada saat itu suhu air di sungai Aare diperkirakan 16 derajat Celcius dengan arus yang cukup kuat,” tambahnya.

Hadad memastikan Eril yang hanyut di Sungai Aare sejak Kamis (26/5) masih berstatus dalam pencarian sampai hari ini, Sabtu (28/5). Hingga saat ini tim masih dalam pencarian putra Ridwan Kamil tersebut. “Kita tidak boleh berputus asa, terus berikhtiar,” Kata Hadad. (CNNIndonesia/Red)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.