Rabu, 27 Oktober 21

Loeke: PPA Siap Kembalikan Aset Negara Yang Dikorup

Loeke: PPA Siap Kembalikan  Aset Negara Yang Dikorup

Jakarta, ObsessionnewsPusat Pemulihan Aset (PPA) Kejaksaan RI yang didirikan sejak tahun lalu, siap semaksimal mungkin mengembalikan aset negara yang dikorup.

Demikian disampaikan oleh Loeke Larasati, S.H, usai dilantik sebagai Kepala PPA, menggantikan Chuck Suryosumpeno yang dipromosikan sebagai Kejati Malu, di Gedung Kejaksaan Agung, Selasa (3/3/2015), seperti siaran pers yang redaksi Obsessionnews.com terima.

Sebagaimana diketahui, bersama mantan Jaksa Agung Basrief Arief, Chuck telah berjasa mendirikan PPA pada Juni 2014 yang sebelumnya hanya sebuah satuan tugas biasa, yakni Satgassus Barang Rampasan dan Sita Eksekusi.

Selama menjadi Ketua Satgassus tersebut sejak tahun 2011, kemudian menjadi Kepala PPA sejak Juni 2014, Chuck dan rekan-rekan di PPA menorehkan sejumlah prestasi gemilang untuk pemulihan sejumlah aset.

Chuck tercatat sebagai satu-satunya praktisi pemulihan aset berskala internasional yang dimiliki lembaga kejaksaan dan masih tercatat sebagai National Contact Person (NCP) untuk CARIN (Camden Asset Recovery Inter-agency Network dan ARIN-AP (Asset Recovery Interagency Network for Asia and Pacific Region) sekaligus menjadi Presiden ARIN-AP periode 2014, serta menjadi Steering Commitee Interpol-StAR Initiative Global Focal Point on Asset Recovery mengingat penunjukan NCP tersebut bersifat personal dan bukan institusional.

“Insya Allah saya dapat melanjutkan segala hal terbaik yang telah dilakukan oleh Pak Chuck selama ini dan diharapkan tetap mempertahankan visi-misi PPA yang mengedepankan kerja efektif, efisien, transparan dan akuntabel,” ujar Loeke.

Selama hampir 8 bulan menjadi Kepala PPA Kejaksaan Agung, di dalam berbagai kesempatan sosialisasi tentang pentingnya pemulihan aset, Chuck selalu mendengungkan pentingnya penegakan hukum yang proporsional, tidak hanya mengejar pelakunya (follow the money) tetapi juga mengejar sekaligus memulihkan asetnya (follow the asset).

“Pekerjaan saya memang belum selesai di PPA karena masih banyak yang harus dipersiapkan, tetapi setidaknya saya telah meletakkan dasar-dasar penting untuk PPA selama hampir sembilan bulan ini. Saya berharap Bu Loeke sebagai Kepala PPA yang baru dapat melanjutkan tugas-tugas tersebut dengan baik dan mampu bekerja sama maksimal dengan berbagai pihak,” demikian Chuck berharap.

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.