Sabtu, 27 November 21

Listrik di Aceh Sering Padam, PLN Janji Berbenah

Listrik di Aceh Sering Padam, PLN Janji Berbenah
* GM PLN Aceh, Sulaiman Daud di Kantor beliau

Banda Aceh, Obsessionnews – Kondisi kelistrikan Aceh saat ini memang sangat memprihatinkan, sering terjadi pemadaman dan bila ada tower atau gardu listrik bermasalah, masyarakat Aceh sangat merasakan dampak negatif dari hal ini.

General Manager (GM) PT Perusahaan Listrik Nasional (PLN), Sulaiman Daud saat ditemui oleh obsessionnews.com di Kantor PT. PLN (Persero) Wilayah Aceh, Jl. Tgk. Daud Beureueh 172, menjelaskan kondisi ketersediaan daya dan pasokan energi listrik di Provinsi Aceh saat ini masih pas-pasan.

Hal itu terjadi akibat PLN tidak memiliki daya listrik cadangan minimum 30% dari 450 MW pada beban puncak. “Kondisi seperti ini dipengaruhi beberapa faktor, seperti ada mesin PLTD yang mesti diperbaiki, kerusakan di antaranya karena faktor usia,” jelas Sulaiman, Jumat (17/4).

“Sebagian kebutuhan energi listrik di Provinsi Aceh selama ini disuplai dari Provinsi Sumatera Utara (Sumut). Namun meski ada suplai daya listrik dari Sumut, belum juga mencukupi untuk semua wilayah Aceh. Belum lagi faktor alam yang mengakibatkan seringnya terjadi gangguan pada transmisi,” tambahnya.

Sulaiman juga menjelaskan pihaknya saat ini berupaya menormalkan kondisi kelistrikan di Aceh, beberapa pembangkit listrik sedang dipersiapkan seperti pembangkit listrik di Nagan Raya, di PLTA Peusangan dan pembangkit yang lainnya.

Saat ini, sedang diinisiasi pembangunan PLTA Krueng Bate yang menggunakan teknologi yang ramah lingkungan  juga manfaat yang  multifungsi untuk  membangkitkan energy sekitar 150 MW oleh Senator Aceh, Rafli bersama Pemda Aceh Barat Daya dan Pemda Aceh Selatan besrta pihak-pihak yang terkait.

Wartawan Obsessionnews bersama GM PLN Aceh
Wartawan Obsessionnews bersama GM PLN Aceh

Metode  terowongan bawah tanah (underground)  sehingga tidak mengganggu  hutan lindung,  tanah masyarakat dan keberlangsungan ekosistem lainnya seperti   binatang , serta  akan menyuburkan tanah disekitarnya.

Menanggapi hal ini GM PLN Aceh mengatakan sangat menyambut niat baik anggota DPD RI komite II beserta para pihak yang terkait. “Kami akan membantu penuh agar niat baik ini bisa terealisasi secepatnya, PLN Aceh akan meneruskan ke PLN induk bila semua syarat-syaratnya telah terpenuhi dan kami sangat bersyukur sekali karena ini akan membuat kelistrikan Aceh akan menjadi lebih baik,” jelas Sulaiman. (Agung Sanjaya)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.