Sabtu, 4 Desember 21

Lionel Messi Playmaker Terbaik Dunia 2016

Lionel Messi Playmaker Terbaik Dunia 2016

Obsessionnews.com – Superstar milik Barcelona, Lionel Messi dinobatkan sebagai playmaker terbaik dunia tahun 2016 oleh Federasi Internasional Sejarah dan Statistik Sepak Bola (IFFHS), Kamis (29/12/2016). Gelar ini menjadi yang kedua bagi Messi setelah raihan tahun kemarin.

Menurut kabar yang dilansir Marca, Jumat (30/12/2016), Messi menjadi ‘raja’ playmaker dunia usai mengumpulkan 172 poin. Raihan poin yang dikumpulkan kapten Timnas Argentina itu lebih banyak empat poin dibandingkan tahun lalu.

Dari tabel playmaker yang dirilis IFFHS, Messi mengalahkan sejumlah pemain top dunia lainnya. Bahkan ia juga mengalahkan rekan setimnya di Barcelona, Andres Iniesta yang hanya mengumpulkan 66 poin.

Pada posisi ketiga terdapat nama Toni Kross. Gelandang kreatif Real Madrid dan Timnas Jerman itu mendulang 45 poin. Sementara itu, mantan pemain El Real yang bermain untuk Arsenal, Mesut Oezil, berada pada urutan keempat dengan 39 poin disusul Ryad Mahrez yang sukses mebukukan 36 poin untuk klubnya, Leicester City.

Sejak kali pertama digulirkan pada 2006, para pemain La Liga menguasai penghargaan. Megabintang Real Madrid, Zinedine Zidane, menjadi jagonya playmaker saat itu. Di tahun berikutnya, giliran Kaka yang terpilih sebagai playmaker terbaik dunia.

Dua tahun setelahnya, para pemain Barcelona mendominasi penghargaan itu. Gelandang Xavi Hernandes dan Iniesta berturut-turut memenanginya. Kross sempat merusak dominasi pemain Barcelona dengan keluar sebagai yang terbaik pada 2014. Namun pada 2015, Messi mendapatkan pernghargaan ini untuk pertama kalinya.

Berikut 10 playmaker terbaik dunia 2016 versi IFFHS:

  1. Lionel Messi (Barcelona) 172 poin
  2. Iniesta (Barcelona) 66
  3. Toni Kross (Real Madrid) 45
  4. Mesut Oezil (Arsenal) 39
  5. Ryad Mahrez (Leicester City) 36
  6. Luca Modric (Real Madrid) 36
  7. Kevin De Bruyne (Manchester City) 31
  8. Paul Pogba (Manchester United) 26
  9. Eden Hazard (Chelsea) 14
  10. Dimitri Payet (West Ham) 8

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.