Kamis, 26 Mei 22

Lima UPI Binaan KKP Raih SNI 2016

Lima UPI Binaan KKP Raih SNI 2016
* Lima Unit Pengolahan Ikan (UPI) berhasil mendapatkan penghargaan Standar Nasional Indonesia (SNI) di Jakarta, Rabu (16/11/2016).

Jakarta, Obsessionnews.com – Lima Unit Pengolahan Ikan (UPI), baik skala kecil maupun skala besar berhasil mendapatkan penghargaan Standar Nasional Indonesia (SNI) di Jakarta, Rabu (16/11/2016).

Acara yang bertemakan “Bulan Mutu Nasional” ini memberikan penghargaan Kepada UD Cindy Group, CV Sakana Indo Prima, UD bening Jati Anugerah, PT sekar Bumi, dan PT Citra Dimensi Arthali.

Dirjen PDSPKP KKP, Nilanto Perbowo, usai acara Journalist Workshop mengatakan penerapan standar merupakan hal yang tidak bisa ditawar oleh para pelaku usaha.

Menurutnya, SNI menjadi salah satu unsur penting dalam pengawasan mutu produk perikanan serta membangun inovasi dan kreatifitas pelaku pengusaha perikanan.

“Produk perikanan yang telah memenuhi SNI akan memiliki keuntungan bagi produsen, pengguna serta konsumen,” ucapnya.

raih-sni

Terutama produsen yang dapat mengembangkan dan menjamin kualitas produknya.

Penerapan standar, lanjutnya, merupakan hal penting yang harus dilakukan oleh para pelaku usaha apabila menginginkan produknya tetap berkembang serta mampu berkompetisi dalam era perdagangan bebas saat ini.

“Ini juga merupakan komitmen KKP,” katanya.

Sebagai kongrit KKP untuk membina UPI skala mikro kecil, menengah, dan besar dalam menerapkan standar di unit pengolahan ikannya untuk menjaga mutu dan keamanan produk perikanan.

Ia juga menambahkan, KKP akan tetap selalu konsisten melakukan pembinaan secara intensif terutama dalam rangka pemenuhan produk hasil perikanan terhadap standar baik melalui SNI dan juga Sertifikat Kelayakan Pengolahan.

“SNI yang dirumuskan Komite Teknis 65-05 adalah SNI yang harus bisa diterapkan oleh pelaku usaha (applicable) dan tidak memberatkan, harus sesuai dengan kebutuhan pasar dan tentu saja harus harmonis dengan standar Internasional,” pungkasnya. (Popi Rahim)

 

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.