Selasa, 9 Agustus 22

Lima Pilot Project Destinasi Wisata NTB Ini Segera Dibuka

Lima Pilot Project Destinasi Wisata NTB Ini Segera Dibuka
* Salah satu destinasi wisata di Lombok, NTB. (Foto:Kemenparekraf)

Jakarta, Obsessionnews.com – Kepala Dinas Pariwisata Nusa Tenggara Barat (NTB) Moh Faozal mengatakan, pihaknya ingin segera kembali menghidupkan ‘mesin’ pariwisata yang vakum akibat pandemi Covid-19.

Dia mengungkapkan, ketika sektor pariwisata NTB dibuka kembali akan ada lima destinasi pilot project yang dibuka secara bertahap, mulai dari kawasan Gili (Air, Meno, Trawangan), Taman Nasional Gunung Rinjani, Islamic Center, Kawasan Mandalika, dan destinasi di Pulau Sumbawa yaitu Pulau Moyo.

“Kawasan tiga Gili menjadi pilot project saat sektor pariwisata di buka lantaran di sana lebih bisa di organize bagaimana implementasi protokol kesehatan dan penerapan physical distancing. Lalu pintu masuk ke kawasan tersebut sudah ditetapkan dari pelabuhan Bangsal,” kata Faozal dalam keterangan tertulis Kemenparekraf, Minggu (7/6/2020).

Faozal juga menjelaskan Taman Nasional Gunung Rinjani bisa dibuka kembali setelah kawasan Gili, namun perlu koordinasi dengan pihak pengelola terkait daya tampung dan penerapan physical distancing di salah satu dari tujuh gunung tertinggi di Indonesia itu.

Kemudian terdapat kawasan Islamic Center yang pengelolaannya di bawah koordinasi Dispar NTB. Selanjutnya secara bertahap Kawasan Mandalika dengan terus berkoordinasi bersama ITDC sebagai pengelola kawasan ekonomi khusus seluas 1.200 hektar itu. Di sisi lain destinasi di Pulau Sumbawa yaitu Pulau Moyo.

“Yang paling penting, ketika membuka normal baru, maka pemerintah harus menyiapkan perangkatnya, baik itu kesiapan destinasi ataupun industri lainnya,” ujarnya. (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.