Rabu, 5 Agustus 20

Lima Pembobol Saldo BRI Beroperasi Sejak 2017

Lima Pembobol Saldo BRI Beroperasi Sejak 2017
* Ilustrasi Anjungan Tunai Mandiri (ATM) BRI. (foto: Sindonews.com)

Jakarta, Obsessionnews.com – Polda Metro Jaya (PMJ) telah menangkap lima sindikat yang diduga pembobol saldo nasabah Bank Rakyat Indonesia (BRI) dengan modus skimming. Penangkapan tersebut dilakukan terhadap tiga warga Rumania, seorang warga Hungaria, dan seorang Warga Negara Indonesia (WNI), Kamis (15/3/2018).

Mereka adalah Caitanovici Andrean Stepan, Raul Kalai alias Lucian Meagu, Ionel Robert Lupu, Ferenc Hugyec, serta Milah Karmilah yang merupakan warga Bandung.

Kepala Unit IV Subdit Resmob Ditreskrimum Polda Metro Jaya AKP Rovan Richard Mahenu mengungkapkan, dalam penangkapan sindikat pembobol saldo rekening nasabah BRI itu, PMJ menyita 1.447 kartu Anjungan Tunai Mandiri (ATM).

Selain itu, polisi juga mengamankan berbagai alat untuk mencuri data nasabah bank seperti deepskimmer yang sudah jadi, encorder, dan tiga unit spycam. “Ada juga sejumlah alat deepskimmer,” ujar Rovan di Jakarta, Jumat (16/3/2018).

Berdasarkan pemeriksaan sementara, sindikat pembobol saldo rekening nasabah BRI itu telah beroperasi sejak Juli 2017. Para tersangka menyasar nasabah bank dengan menyimpan alat deepskimmer pada mesin ATM di wilayah Jakarta, Bandung, Tangerang, Yogyakarta dan Denpasar Bali.

Saat ini polisi masih mendalami kasus tersebut hingga tuntas. Termasuk adanya tersangka-tersangka atau korban lain. Pelaku dijerat pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman sembilan tahun penjara.

Seperti diketahui, Petugas menangkap kelima tersangka di lokasi berbeda. Yakni, di De Park Cluster Kayu Putih Blok AB 6 Nomor 3 Serpong, Tangerang Banten, Perumahan Bohemia Vilage 1 Nomor 57 Serpong, Tangerang, Hotel Grand Serpong Tangerang, dan Hotel De Max Lombok Tengah Nusa Tenggara Barat. (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.