Kamis, 24 Oktober 19

Lima Objek Wisata yang Belum Terjamah Banyak Wisman

Lima Objek Wisata yang Belum Terjamah Banyak Wisman
* Air terjun Madakaripura di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, tepatnya di lereng Gunung Bromo, Jawa Timur.

Jakarta, Obsessionnews.com – Buat apa jauh-jauh berlibur ke luar negeri kalau di negara tercinta kita sendiri masih banyak destinasi wisata yang belum dijamah  dan wajib dikunjungi.

Ada begitu banyak obyek wisata di Indonesia, tapi banyak juga yang belum familiar di telinga kita. Tapi, bukan berarti tempat-tempat tersebut tak layak untuk dikunjungi. Bisa dibilang, tempat-tempat tersebut merupakan hidden paradise tanah air kita.

Mungkin ini lima tempat wisata yang jarang diketahui oleh turis lokal dan wisatawan mancanegara (wisman), tapi bisa dijadikan referensi untuk traveling anda selanjutnya.

  1. Air terjun Madakaripura

Sebuah air terjun yang terletak di Kabupaten Probolinggo,  Jawa Timur. Air terjun setinggi 200 meter ini merupakan air terjun tertinggi di Pulau Jawa dan tertinggi kedua di Indonesia. Ini merupakan salah satu air terjun di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, tepatnya di lereng Gunung Bromo.

Air terjun Madakaripura berada di ujung lembah sempit dan berbentuk ceruk yang dikelilingi tebing-tebing curam yang meneteskan air pada seluruh bidang tebingnya seperti layaknya sedang hujan, 3 di antaranya bahkan mengucur deras membentuk air terjun lagi. Nama air terjun yang berada di ketinggian 1.000 Mdpl ini berasal dari kata Madakaripura, tanah perdikan milik mahapatih Gajah Mada dari kerajaan Majapahit.

Perjalanan menuju ke air terjun sangat indah dan memanjakan mata dengan pemandangan pohon-pohon besar, udara yang segar dan juga melewati sungai-sungai. Sepatu yang kuat, tahan air ataupun sandal gunung sangat disarankan untuk perjalanan ini. Perjalanan menempuh kurang lebih 1 jam ketika kemudian Anda merasakan dinginnya sekitar dan juga air yang meloncat-loncat ke tubuh Anda.

Maka dari itu, baju ganti, jas hujan ataupun payung sangat disarankan. Anda harus berjalan lebih jauh sedikit untuk bisa menikmati air terjun utamanya. Anda masih harus menaiki tebing yang cukup licin dan sempit. Tapi sekali lagi itu akan terbayar dengan begitu Anda melihat air terjun utama yang berdinging melingkar, jadi terlihat seperti Anda berada di dalam botol. Sangat indah.

Air terjun Madakaripura bisa dicapai dari Malang atau pun Probolinggo. Dari Probolinggo Anda bisa naik bus besar ke arah Tongas. Anda bisa mengutarakan tujuan Anda kepada kondektur bahwa Anda ingin mengunjungi air terjun tersebut dan Anda akan diberhentikan di pertigaan Tongas.

Setelah turun, Anda harus melanjutkan perjalanan dengan angkot yang sebelumnya harus Anda tawar. Perjalanan dari Tongas ke Air terjun Madakaripura penuh dengan pemandangan bagus dan juga jalan yang tidak cukup nyaman. Tapi semua itu akan terbayar jika penjelajah sudah sampai di pintu gerbang Madakaripura.

  1. Meru Betiri

Satu lagi tempat wisata yang belum banyak diketahui di Banyuwangi, Jawa Timur, yakni Taman Nasional Meru Betiri merupakan taman nasional yang terletak di regional Jawa Timur bagian selatan pada koordinat geografis 8°21’ – 8°34’ LS, 113°37’ – 113°58’ BT, dengan ketinggian 900 – 1.223 mdpl dan curah hujan rata-rata 2.300 mm/tahun.

Secara administratif, Taman Nasional Meru Betiri ini berada dalam wilayah Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Jember, Provinsi Jawa Timur. Penunjukan taman nasional ini disahkan dengan surat keputusan Menteri Kehutanan, SK No. 277/Kpts- VI/97.

meru Betiri
Meru Betiri (foto: tempatwisataseru.com)

Meru Betiri, hutan tropis yang paling memukau di Pulau Jawa dengan beragam ekosistem mangrove, hutan rawa, dan hutan hujan dataran rendah.

Di surga tersembunyi Indonesia ini dapat menemukan beragam tumbuhan langka seperti rengas, bendo, api – api, raflesia dan lainnya. Satwa liar pun juga bisa kamu temukan disini lho! Mulai dari bajing terbang ekor merah, macan tutul, kura – kura, penyu, dan kumbang hitam.

Keindahan alam tidak sampai di sini, kamu juga akan disuguhi dengan indahnya pantai Sukamade, pantai Rajegwesi serta Teluk Hijau. Jadi, kamu bisa puas menjelajahi berbagai tempat yang belum terjamah saat berkunjung ke sini.

Sedikit tips nih, buat yang tertarik untuk berkunjung ke Meru Betiri, sebaiknya datang pada saat musim kemarau berlangsung. Hindari datang saat musim hujan karena akses jalannya sering banjir.

Untuk menuju ke Meru Betiri, dapat diakses baik melalui wilayah Kabupaten Banyuwangi di timur, ataupun melalui Kabupaten Jember di sebelah barat. Yakni melewati tempat-tempat sebagai berikut:

Banyuwangi – Jajag – Pesanggaran – Sungai Lembu – Kandangan – Sarongan – Pantai Rajegwesi (pintu gerbang taman nasional) – Sumbersuko – Sukamade. Sukamade adalah wilayah pantai yang terkenal sebagai tempat peneluran penyu.

Jember – Ambulu – Tempurejo – Curahnongko – Andongrejo (lokasi gerbang taman nasional) – Bande Alit. Bandealit juga merupakan wilayah pantai, di mana berlokasi sebuah perkebunan kecil di tengah hutan.

  1. Pantai Ora

Pantai Ora adalah suatu pantai yang terletak pulau Seram, kecamatan Seram Utara, Maluku Tengah, Maluku, Indonesia. Pantai yang berlokasi di ujung barat teluk Sawai ini berada di sebelah desa Saleman dan desa Sawai, di tepi hutan Taman Nasional Manusela.

Pantai Ora
Pantai Ora (foto: desamerdeka.id)

Pantai Ora memiliki karakteristik pantai yang berpasir putih dengan air yang sangat jernih dan tenang dengan kekayaan terumbu karang, ikan dan aneka ragam biota laut lainnya. Pantai Ora dan desa Sawai merupakan objek wisata di teluk Sawai yang setiap tahunnya dapat menyedot sekitar 500 wisatawan dari dalam dan luar negeri (2013).

Pantai Ora memiliki resor penginapan yang mengambang di atas pantai. Sementara di desa Sawai terdapat pondok wisata yang berada di antara pemukiman penduduk yang juga terapung di pantai. Berbagai kegiatan wisata yang dapat dilakukan di pantai Ora antara lain wisata alam, wisata tirta, snorkeling, selam, wisata kuliner, jelajah gua dan fotografi.

Buat yang mendambakan wisata bahari dengan pemandangan indah tiada duanya, gak bakal rugi deh berkunjung ke surga tersembuyi di kepulauan Maluku ini. Pantai Ora dihiasi dengan air laut yang jernih dan terumbu karang kokoh yang menjulang ke langit.

Kalau berkunjung ke sini, jangan lewatkan untuk menyelam ya, karena anda akan mendapatkan pemandangan bawah laut yang tidak akan terlupakan dengan terumbu karang atau koral dan ikan – ikan  yang beraneka ragam. Semuanya bisa kamu lihat dengan kasat mata karena airnya yang biru dan jernih.

  1. Teluk Kiluan

Sepertinya, Lampung juga wajib dijadikan target liburan anda selanjutnya. Apalagi di sini terdapat Teluk Kiluan, surga tersembunyi Indonesia yang terkenal dengan banyaknya lumba – lumba dan ikan paus.

Bahkan, disini anda juga bisa lho menyaksikan atraksi lumba – lumba di laut lepas. Tidak hanya itu, Teluk Kiluan juga menyajikan pemandangan indah dengan air yang biru dan pasir putih bersih. Buat yang punya hobi memancing, setiap tahunnya disini diadakan lomba memancing yang diikuti oleh para pemancing handal dari seluruh Indonesia.

Teluk Kilauan
Teluk Kilauan

Teluk Kiluan terletak di Pekon (Desa) Kiluan Negeri, Kecamatan Kelumbayan, Kabupaten Tanggamus Provinsi Lampung cocok bagi Wisatawan yang gemar berpetualang. Topografinya yang berbukit dan berlembah menarik untuk dijelajahi. Perjalanan menuju Teluk Kiluan sudah merupakan tantangan tersendiri bagi Wisatawan. Jalan darat di Pesisir Barat Sumatera itu belum terlalu mulus sehingga perlu keterampilan dalam mengemudikan Kendaraan Bermotor untuk melewatinya.

Pantai di Teluk Kiluan yang cocok untuk dijadikan “Getaway Destination”. Kami telah menyediakan Penginapan atau Rumah Panggung yang cukup layak dijadikan tempat menginap para Pengunjung.

  1. Goa Jomblang

Kalau anda mempunyai jiwa petualangan, tidak ada salahnya and mengunjungi Goa Jomblang yang terletak di Yogyakarta. Tiba di Goa Jomblang ini, anda akan dimanjakan dengan pemandangan hutan purba dan sungai bawah tanah. Namun, untuk masuk kedalamnya, dibutuhkan nyali yang cukup besar. Karena goa setinggi 60 meter ini memiliki medan yang cukup menantang. Sehingga untuk bisa mencapai ke dasar goa, Toppers wajib didampingi dengan penelusur goa yang berpengalaman dan jangan lupa juga untuk mengenakan perlengkapan keamanan seperti boot, helm, dan headlamp.

goa-jomblang
Goa Jomblang (foto: rekreasijogja.com)

Meskipun perjalanan memasuki objek wisata tersembunyi ini merupakan saat – saat yang mendebarkan tapi, rasa itu akan sirna setelah kamu melihat pemandangan indah dalam goa yang tidak ada duanya. Seperti perbukitan karst dan pohon jati yang meranggas. Gak heran kalau Goa Jomblang ini pernah dijadikan tempat pengambilan gambar acara Amazing Race Amerika pada tahun 2011 dan disebut sebagai surga tersembunyi di Indonesia.

Goa Jomblang merupakan gua vertikal yang bertipe collapse doline. Goa ini terbentuk akibat proses geologi amblesnya tanah beserta vegetasi yang ada di atasnya ke dasar bumi yang terjadi ribuan tahun lalu. Runtuhan ini membentuk sinkhole atau sumuran yang dalam bahasa Jawa dikenal dengan istilah luweng. Itulah yang membuat unik karena di dalam goa terdapat luas mulut goa sekitar 60 meter ini sering disebut dengan nama Luweng Jomblang. Goa Jomblang di Kabupaten Gunungkidul,DI Yogyakarta, Jawa Tengah. (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.