Kamis, 30 Juni 22

Lima Langkah Cerdas Berhenti Merokok Ini Dapat Hindari Depresi

Lima Langkah Cerdas Berhenti Merokok Ini Dapat Hindari Depresi
* Ilustrasi merokok. (Foto: Sutanto/OMG)

Jakarta, Obsessionnews.com – Merokok dapat memberbahayakan kesehatan fisik dan juga menyebabkan masalah pada kesehatan mental. Baru-baru ini penelitian menemukan merokok dapat menyebabkan depresi.

Studi baru telah mengamati lebih dari 2.000 siswa yang terdaftar di universitas-universitas Serbia, di antaranya University of Belgrade Serbia dan Univesity of Pristina Kosovo. Penelitian berdasarkan menyurvei tentang kebiasaan merokok dan gejala depresi mereka.

Temuan yang diterbitkan di PLOS ONE, menunjukkan di antara siswa yang merokok tingkat depresi klinisnya adalah dua hingga tiga kali lebih tinggi daripada di antara siswa yang tidak merokok. Lebih khusus lagi, 14 persen siswa yang merokok di University of Pristina Kosovo ditemukan menderita depresi dibandingkan dengan hanya empat persen dari peserta yang tidak merokok.

Di University of Belgrade, 19 persen perokok menderita depresi dibandingkan dengan 11 persen yang bukan perokok. Temuan ini masih berlaku bahkan setelah para peneliti memperhitungkan latar belakang ekonomi dan sosial politik siswa.

Ada pun penemuan lain dari penelitian ini menunjukkan bahwa pelajar yang merokok juga memiliki tingkat gejala depresi yang lebih tinggi, dan skor kesehatan mental yang lebih rendah seperti vitalitas dan fungsi sosial dibandingkan siswa yang tidak merokok.

Sebuah studi 2017 yang dilakukan oleh para peneliti di King’s College London dan Charles University di Praha, juga menemukan berhenti merokok dapat membantu memperbaiki gejala depresi.

Setelah mengamati 3.775 pasien yang menghadiri klinik berhenti merokok di Republik Ceska, mereka menemukan 66,3 persen dari orang yang telah berhasil berhenti mengalami depresi sedang atau berat saat masih merokok, melaporkan tidak ada atau sedikit gejala depresi selama satu tahun tindak lanjut.

Tingkat merokok di antara orang-orang dengan kondisi mental lebih dari dua kali lipat dari populasi umum di Inggris. Yakni sekitar tiga juta dari 9,6 juta perokok dewasa di Inggris yang hidup dengan kondisi kesehatan mental.

Bahaya Rokok

Agar lebih mudah berhenti merokok, ada baiknya Anda mengetahui bahaya merokok. Berhenti merokok bukan hal yang mudah. Sayangnya, tak semua perokok menganggap serius bahaya rokok. Padahal hampir semua organ tubuh Anda pasti terpengaruhi oleh dampak buruk rokok. Setidaknya ada sekitar 4.000 zat kimia dalam asap rokok yang beracun bagi tubuh. Beberapa diantaranya seperti ammonia, tar, formalin, dan nikotin. Efek candu dari rokok memang membuat langkah berhenti merokok terasa lebih sulit, namun bukan berarti tak bisa. Lima langkah berikut ini niscaya bisa membantu Anda lebih mudah berhenti merokok.

Lima Langkah Cerdas Berhenti Merokok

  1. Tetapkan waktunya

Langkah pertama untuk berhenti merokok adalah menetapkan waktu mulai berhenti merokok hingga berhenti merokok. Hindari memilih tanggal dengan jeda terlalu lama dari niat Anda demi menghindari potensi Anda berubah pikiran di tengah jalan. Agar lebih semangat, pilih tanggal yang istimewa bagi Anda.

  1. Minta dukungan dokter

Rokok mampu mempengaruhi senyawa-senyawa kimia di otak maupun tubuh Anda. Anda bisa meminta bantuan dokter untuk menemukan metode dan obat-obatan yang tepat demi mengatasi pengaruh rokok bagi tubuh Anda. Dokter akan mengevaluasi setiap program yang Anda jalani sehingga proses berhenti merokok bisa lebih efektif.

  1. Beritahu orang terdekat

Program berhenti merokok akan terasa lebih ringan apabila Anda memiliki support system. Beritahu orang-orang terdekat mengenai niat Anda berhenti merokok. Mintalah dukungan dan pengertian dari mereka. Dengan begitu, Anda bisa lebih fokus dan semangat untuk berhenti merokok terutama berkat dukungan orang-orang yang menyayangi Anda.

  1. Siapkan antisipasi

Mengingat banyaknya hambatan di depan mata, tak ada salahnya Anda mempersiapkan antisipasi ketika berhasil berhenti merokok. Masa-masa putus nikotin (withdrawal effect) bisa menjadi masa yang paling berat dan menantang. Umumnya Anda akan mengalami withdrawal effect 1,5 sampai 2 minggu setelah mulai berhenti merokok.

Beberapa kondisi psikologis seperti insomnia, emosi yang labil, nafsu makan meningkat, dan emosi lainnya membuat perjuangan berhenti merokok semakin terasa berat. Jangan langsung menyerah ketika Anda tergoda kembali untuk merokok. Alih-alih menghisap rokok, segera matikan rokok dan alihkan pikiran Anda ke hal lain seperti makan buah, minum air putih, atau mengobrol dengan orang di sekitar Anda.

  1. Jauhi semua hal berbau rokok

Agar tak tergoda kembali untuk merokok, buang semua hal yang berkaitan dengan rokok. Buang rokok Anda, pemantik, sekaligus asbaknya. Tak ada gunanya Anda masih menyimpan hal-hal berbau rokok. Lanjutkan perjuangan Anda untuk berhenti merokok. Bila suatu saat Anda tergoda kembali untuk merokok, ingatlah kelima langkah di atas sehingga bisa kembali ke jalur yang benar. (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.