Senin, 26 September 22

Lima Korban Rabies di Sumbar Meninggal Dunia

Lima Korban Rabies di Sumbar Meninggal Dunia

Padang, Obsessionnews – Lima orang dari 2.601 kasus gigitan anjing di Sumatera Barat (Sumbar) meninggal dunia, diantaranya di Kabupaten Pesisir Selatan, Kabupaten Solok dan Kabupaten Sijunjung

Kepala Bidang Penanggulangan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (Kabid P2PL) Dinas Kesehatan Sumbar, dr Irene mengatakan, lima warga yang meninggal dunia akibat digigit anjing masing-masing dua orang di Kabupaten Pesisir Selatan, dua orang di Kabupaten Solok dan satu orang, di Kabupaten Sijunjung.

“Kasus itu terjadi sejak Januari hingga Agustus 2015,” kata Irene kepada obsessionnews.com, Sabtu (26/9).

Irene mengatakan, Provinsi Sumbar termasuk provinsi endemis Rabies dengan jumlah kasus yang mengkhawatirkan.

Kasus rabies terjadi lebih dominan pada anak-anak atau lebih dari 50% kasus rabies terjadi pada anak-anak dan lebih dari 95% kasus rabies pada manusia diakibatkan gigitan anjing.

Untuk mencegah rabies, salah satu upaya yang bisa dilakukan dengan memvaksin anjing, karena vaksinasi lebih dari 70% populasi anjing akan menghilangkan kasus rabies pada manusia.

Dalam rangka memperingati Hari Rabies Sedunia yang jatuh pada tanggal 28 September 2015 mendatang, Dinas Kesehatan Sumbar akan menggelar rapat koordinasi (rakor) dengan instansi terkait. Rakor yang akan dilaksanakan tanggal 30 September 2015 mendatang, dengan agenda membahas bagaimana menangani rabies. (Musthafa Ritonga)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.