Selasa, 24 Mei 22

Lima Daerah di Jateng Ini Rawan Bencana

Lima Daerah di Jateng Ini Rawan Bencana

Semarang, Obsessionnews – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah kucurkan Dana Siap Pakai (DSP) sebesar Rp10 miliar untuk antisipasi daerah rawan bencana. Sedikitnya terdapat lima daerah yang beresiko tinggi terkena gempa bumi, banjir, longsor, puting beliung, hingga tsunami di Jawa Tengah.

Kelima daerah itu adalah Kabupaten Cilacap, Purworejo, Tegal, Brebes dan Banyumas. Untuk itu, Pemprov Jateng memberikan seluruh DSP miliar untuk 28 Kabupaten/Kota di Jateng yang dinilai rawan bencana baik sedang maupun tinggi.

“Kita kumpulkan relawan dan instansi terkait agar potensi bencana dimana titik krusial harus diantisipasi. Untuk itu, kita ajak masyarakat untuk peduli dan terlibat agar bisa mendeteksi lebih dini kemungkinan terjadinya banjir, tanah longsor dan sebagainya,” kata Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo usai memimpin apel penanganan bencana di lapangan Pancasila Simpang Lima Semarang, Selasa (5/1/2016).

Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Jateng, tercatat selama tahun 2015, terdapat 170 bencana banjir, 477 tanah longsor dan korban jiwa 25 dengan kerugian mencapai Rp 46,34 miliar.

Sedangkan bencana yang disebabkan puting beliung mencapai 64 kasus dan merusak 58 rumah. Banjir sebanyak 17 kasus, banjir bandang 8 kasus, tanah longsor 94 kasus dan korban jiwa 4 orang. Kerugian sendiri ditaksir mencapai Rp 2,9 miliar.

Selain itu, frekuensi kejadian puting beliung tertinggi terdapat di Kabupaten Cilacap sebanyak 11 kali dan di Kabupaten Magelang yang mengakibatkan 124 rumah rusak. Kategori kejadian banjir bandang di Kabupaten Kudus sebanyak 4 kali dan 400 rumah terendam banjir. Kategori kejadian tanah longsor di Kabupaten Banyumas sebanyak 19 kali dan mengancam 60 keluarga atau 150 orang. (Yusuf IH)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.