Sabtu, 1 Oktober 22

Lima Alasan PNS Masih Jadi Primadona Bagi Anak Muda

Lima Alasan PNS Masih Jadi Primadona Bagi Anak Muda
* Ilustrasi seleksi penerimaan PNS. (Foto: Twitter @PortalPNS)

Jakarta, Obsessionnews.com – Di Indonesia menjadi pegawai negeri sipil (PNS) adalah suatu kebanggaan tersendiri. Simbol sebagai abdi negara yang melekat pada diri PNS menjadi dambaan setiap orang. Maka tak heran setiap pembukaaan PNS baru, jutaaan masyarakat se-Indonesia berbondong-bondong untuk ikut mendaftar.

Pada tahun 2018 ini, Pemerintah membuka 238.015 lowongan Calon CPNS 2018. Kebutuhan itu dibagi untuk Instansi Pusat dan Instansi Daerah di seluruh Indonesia.

Hal ini tercantum dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 2018 tentang Kriteria Penetapan Kebutuhan Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan Pelaksanaan Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil Tahun 2018 (CPNS 2018) Pasal 1.

Berbagai fasilitas dan tunjangan lain yang tidak dimiliki karyawan swasta menjadi incaran mengapa PNS sangat diminati oleh masyarakat. Apa saja kelebihan para PNS ini hingga banyak orang yang rela membayar ratusan juta dan berkali-kali tes CPNS hanya demi menyandang status PNS?

Berikut lima alasan kenapa PNS selalu diminati kalangan anak muda.

Pertama, dapat banyak tunjangan.
Bagi mereka yang sudah menjadi PNS berbagai macam tunjangan pun disediakan, seperti tunjangan fungsional, tunjangan anak-istri dan berbagai tunjangan lainnya. Banyaknya aneka tunjangan inilah yang membuat semua orang ingin menjadi PNS

Kedua, masa tua yang terjamin. Ini yang paling disukai dari status PNS. Memasuki masa pensiun, para PNS tetap menerima gaji layaknya orang yang bekerja. Sampai kapan pun uang negara tetap ada untuk gaji para pensiunan PNS. Jika karyawan swasta, masa pensiun hanya menerima uang pensiun. Berbeda dengan PNS.

Ketiga, bebas ancaman PHK.
Menjadi PNS semakin menarik karena dilindungi undang-undang kepegawaian, peraturan pemerintah, peraturan menteri, peraturan bupati, dan sebagainya. Inilah yang membuat PNS tidak pernah dipecat atau di PHK. Jika ada sanksi pun paling berat hanya digeser ke samping (mutasi) selama pelanggarannya tidak melawan hukum.

Keempat, Mudah mendapat Kredit. Perumahan Rakyat (KPR) atau rumah dinas. Memiliki rumah dengan KPR adalah sesuatu yang mudah bagi PNS. Karena para PNS memiliki surat keputusan (SK) yang bisa menjadi jaminan untuk mengajukan KPR. Tidak hanya itu, menjadi PNS juga sangat memungkinkan mendapat rumah dinas serta kendaraan dinas.

Kelima, jadi menantu idaman. Meski tidak semua, namun di masyarakat awam, punya menantu sebagai PNS menjadi kebanggaan sendiri. PNS masih menjadi simbol status di masyarakat karena sebagia masyarakat masih menganggap PNS adalah profesi yang bergengsi. Para orang tua lebih suka punya menanantu PNS dari pada profesi lainnya. Terlebih buat perempuan, dengan menjadi PNS, ia akan memiliki banyak waktu luang untuk keluarganya. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.