Kamis, 25 April 24

Tips Kelola THR dengan Bijak

Tips Kelola THR dengan Bijak

Jakarta, Obsessionnews.com – Banyak orang masih cenderung keliru dalam menggunakan tunjangan hari raya (THR). Masyarakat cenderung menghabiskan seluruh dana THR untuk keperluan hari raya.

Padahal seharusnya dana THR harus dikelola dengan bijak, agar dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan hari raya agar tidak mengganggu kebutuhan bulanan.

Head of Wealth Management & Digital Retail Business Bank Commonwealth Ivan Jaya memberikan tips mengelola THR dengan bijak. Hal pertama yang harus dilakukan adalah membuat anggaran dan skala prioritas.

Menurut Ivan, idealnya dana THR yang digunakan untuk keperluan hari raya tidak dihabiskan seluruhnya, disarankan sekitar 20% – 50% dana THR bisa ditabung atau diinvestasikan.

“Dalam pengelolaan THR, kebutuhan untuk hari raya harus diprioritaskan, seperti pembayaran zakat dan kebutuhan tradisi mudik. Namun, jangan dihabiskan semuanya,” kata Ivan Jaya dalam keterangan tertulis yang diterima Obsessionnews.com , Rabu (23/5/2018).

Sisa dana THR juga bisa dimanfaatkan untuk membayar utang dan ditabung. Tabungan ini bisa digunakan untuk kebutuhan pengeluaran tahunan seperti pembayaran PBB, pajak kendaraan, atau qurban.

“Atau dana THR ini dapat juga diinvestasikan dan jangan diambil untuk kebutuhan masa depan,” lanjut Ivan.

Menurutnya, agar masyarakat mulai terbiasa untuk menyisihkan dana investasi untuk memiliki masa depan yang aman. Sehingga jika menerima dana bonus tidak serta-merta berhasrat untuk membeli kebutuhan konsumtif yang sifatnya hanya untuk kepuasan diri sementara.

Ivan menyarankan, sebisa mungkin pendapatan tahunan digunakan untuk pengeluaran tahunan dan pendapatan bulanan untuk pengeluaran bulanan. Idealnya, jumlah yang diinvestasikan adalah 50% dari dana THR.

Namun, kini investasi tidak lagi membutuhkan uang yang banyak. Dengan Rp100 ribu bisa berinvestasi di reksa dana.

Salah satunya Bank Commonwealth yang merupakan pionir untuk transaksi reksa dana melalui Internet Banking dan Mobile Banking dengan pengalaman lebih dari 10 tahun dan saat ini bekerja sama dengan 8 Manajer Investasi terbesar di Indonesia

Bank Commonwealth memiliki lebih dari 50 produk reksa dana di antaranya adalah Manulife Saham Syariah Asia Pacific (USD), Schroder Syariah, dan BNP Paribas Pesona Syariah. (Popi)

 

Baca juga:

Presiden Direktur Bank Commonwealth, Lauren Sulistiawati

Commonwealth Life Luncurkan Investra Link Prosper, Cara Mudah Menjaga Keuangan Tetap Sehat

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.