Selasa, 26 Oktober 21

Liburan Sambil Belajar di Gembira Loka Zoo

Liburan Sambil Belajar di Gembira Loka Zoo

Yogyakarta – Kebun binatang yang berada di Yogyakarta ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Sempat rusak parah akibat gempa bumi yang mengguncang Yogyakarta tahun 2006 lalu. Namun, setelah direnovasi Gembira Loka Zoo tetap dicari para wisatawan. Mengasyikkan bukan? Yuk coba kita tengok tempat wisata yang satu ini.

Gembira Loka Zoo berlokasi di Jalan Kebun Raya Nomor 2 Yogyakarta. Jika dari Jogja Expo Centre, letak kebun binatang ini ke arah barat dan dari Taman Pintar ke arah timur.

Kereta taring
Kereta taring

Loka artinya tempat, gembira ya gembira. Hampir setengah abad yang lalu Sri Sultan Hamengku Buwono IX mewujudkan keinginan pendahulunya untuk mengembangkan ‘Bonraja’ tempat memelihara satwa kelangenan raja menjadi suatu kebun binatang publik. Maka didirikanlah Gembira Loka di atas lahan seluas 20 ha yang separuhnya berupa hutan lindung.

Kebun binatang ini berisi berbagai macam spesies dari belahan dunia, seperti orang utan, gajah Asia, simpanse, harimau, beragam ikan, aneka reptil, burung, dan lain sebagainya. Gembira Loka Zoo memiliki koleksi satwa yang cukup lengkap.

Gembira Loka Zoo selalu berusaha memberikan yang terbaik demi kenyamanan pengunjung serta kelestarian alam. Beberapa kali terdengar gajah melahirkan, burung kakatua menetaskan telurnya, serta kuda pacu melahirkan anaknya. Bahkan taman burung dan beberapa ekor penguin juga ada di sini. Ada juga arboretum kawasan hutan lindung di sebelah selatan kebun binatang ini.

Mayang Tirta resto & cafe
Mayang Tirta resto & cafe

Sementara itu untuk tatanan Taman Reptil dan Amfibi cukup apik. Aneka reptil berada di dalam kaca sehingga tidak membahayakan pengunjung. Dan ada jam-jam tertentu para pengunjung bisa foto bersama dengan beberapa jenis ular.

Beberapa pedagang asongan sudah dibenahi, agar terkesan rapi dan bersih. Ada enam halte kereta taring (transport keliling) dengan menggunakan kereta bagi para pengunjung yang ingin melihat-lihat satwa dengan menggunakan kereta. Jadi, tidak perlu berjalan kaki. Semenjak itu, Gembira Loka Zoo mulai dikunjungi pengunjung dengan jumlah yang lebih banyak.

Letaknya yang berada di daerah aliran sungai Gajah Wong membuat kawasan Gembira Loka Zoo sangat strategis. Akses menuju ke Gembira Loka sangat mudah dengan angkutan kota dan kendaraan. Jika Anda ingin berkunjung butuh waktu sekitar dua jam untuk berkeliling menikmati segala wahana yang ada di sini.

“Untuk taring dengan menggunakan kereta Anda bisa menuju ke halte-halte yang sudah tersedia. Untuk halte satu sampai empat bisa untuk tempat naik dan turunnya pengunjung. Sedangkan halte 5 dan 6 hanya untuk turunnya pengunjung saja. Ada pilihan tiket satu stop dan multi stop,” ucap Tiwik, salah satu pengunjung, pekan lalu.

Dengan taring ini tentunya memudahkan pengunjung untuk berkeliling di kebun binatang ini. Lebih cepat dibandingkan berjalan kaki. Hanya butuh waktu sekitar 15-20 menit saja untuk berkeliling meliha-lihat satwa yang ada di sini.

Beragam program yang ada di kebun binatang ini, seperti pertunjukan satwa terampil setiap hari dengan jam-jam yang sudah ditentukan. Beberapa fasilitas yang tersedia meliputi area hotspot atau wi-fi, resto Mayang Tirta yang berada di tengah danau, kamar mandi, mushola, museum, dan beberapa wahana permainan.

“Beberapa wahana permainan seperti perahu katamaran, perahu banana orca, sepeda air, perahu, sekuter air, sirkuit ATV, kolam tangkap, dan terapi ikan. Untuk harga berkisar Rp 10.000 – Rp 20.000 saja,” ujar Tiwik yang saat itu menaiki perahu kayuh bersama keluarganya. Terjangkau, bukan?

Nah, jika Anda berkunjung kemari jangan lupa siapkan air mineral yang cukup jika Anda menyusurinya dengan berjalan kaki. Apalagi saat siang hari tentunya cuaca yang panas menawarkan Anda untuk membawa topi atau payung sekadar melindungi diri dari panas atau hujan. Gembira Loka Zoo buka setiap hari pukul 07.30-17.30 WIB. Selamat berekreasi. (Anissa Nurul Kurniasari)

Related posts