Minggu, 26 Juni 22

Liburan Alternatif di IIMS 2014

Liburan Alternatif di IIMS 2014

hotwheelsPameran otomotif terbesar di Tanah Air, Indonesia International Motor Show (IIMS) 2014, yang menghadirkan berbagai kendaraan dan teknologi terbaru, rupanya salahs atu tujuan wisata alternatif bagi keluarga Indonesia. Dalam beberapa tahun terakhir, pameran yang digelar di JiExpo, Kemayoran, Jakarta, banyak dikunjungi oleh penikmat otomotif yang hadir bersama keluarga.  Mereka datang bukan hanya dari wilayah Jabodetabek tapi juga dari berbagai wilayah di Indonesia.

Hampir seluruh agen pemegang merek (APM) peserta IIMS selalu memberikan berbagai macam hiburan,  misalnya menghadirkan artis papan atas Indonesia untuk menghibur pengunjung yang datang ke booth mereka. Sebut saja Syahrini, penyanyi wanita yang selalu tampil sensasional itu berhasil menghibur para pengunjung di booth Suzuki. Sedangkan Mazda memanjakan pengunjung dengan menampilkan duo Endah n Rhesa serta Afgan.

Di booth Pertamina, Dik Doang tampil bersama anak-anak Kandank Jurank Doank. Booth Toyota ramai dengan para penggemar Kahitna, dan Daihatsu tak kalah meriah dengan penampilah Ari Lasso. Booth Honda kemarin juga ramai dengan para anak muda yang menantikan kehadiran gadis-gadis cantik JKT48. Tak hanya penampilan penyanyi terkenal maupun live music yang meramaikan akhir pekan di IIMS, penampilan Stand Up Comedy juga berhasil menarik para pengunjung di area outdoor. “Saya sering menonton stand up comedy di televisi, dan kebetulan sekali di IIMS ini saya bisa melihat langsung. Ini sangat menghibur saya, sambil istirahat setelah berkeliling dari siang,” ujar Imam, pengunjung IIMS asal Tangerang.

Panitia sendiri pun telah menyiapkan beberapa program bagi pengunjung yang hadir pada pameran kali ini. Salah satu program menarik pada tahun ini adalah Hot Wheels Race & Festival yang hadir tiap akhir pekan, yaitu pada 20 – 21 September dan 27 – 28 September 2014. Hot Wheels adalah mainan mobil mini berbahan metal (die cast) yang telah populer sejak tahun 1960-an dan memiliki penggemar besar di dunia. Mainan ini bukan hanya digemari oleh anak-anak dan remaja tetapi juga orang dewasa yang menjadikan die cast sebagai barang koleksi.

Pada IIMS tahun ini, Hot Wheels Race & Festival hadir di area outdoor semi permanen Hall C. Di tempat ini panitia telah menyiapkan trek oranye (orange track) yang merupakan trademark dari Hot Wheels serta berbagai item yang berhubungan dengan Hot Wheels. Di sini para pengunjung dan penggemar Hot Wheels bisa mendapatkan merchandise eksklusif yang hanya bisa didapatkan di ajang IIMS 2014. Untuk acara race, panitia mempersiapkan beberapa kelas yang ditujukan bagi peserta dewasa dan anak. Yang menarik, untuk kelas anak panitia hanya menyiapkan satu kelas yaitu, Hot Wheels basic/original. Sementara untuk peserta dewasa kelas yang diperlombakan antara lain under 50 metal base, under 40 plastic base, trick-track all base, trick-track non champion, under 35 all base, monster jam (drag), the faster, drag under 45 all base, dan lain-lain. Panitia telah menyiapkan berbagai hadiah menarik bagi pemenang dari acara Hot Wheels & Race Festival kali ini, seperti 1 buah skutik, 1 buah iPhone 5s, uang jutaan rupiah, serta voucher belanja di Toys Kingdom Rp 800 ribu.

Acara unggulan lain yang telah disiapkan oleh panitia adalah pemilihan Miss Motor Show 2014 yang menghadirkan sales promotion girl (SPG) dari hampir seluruh peserta pameran. Seperti layaknya sebuah pemilihan kecantikan, penilaian acara ini juga dilakukan dengan mempertimbangkan brain, beauty, and behaviour dari masing-masing SPG. Selain cantik, menarik, dan percaya diri, mereka dituntut untuk memiliki pengetahuan mendalam mengenai produk yang mereka wakili. Proses seleksi dan semifinal Miss Motor Show 2014 akan dilakukan pada 21 – 25 September 2014 dan pengumuman pemenang akan dilakukan pada 27 September 2014. Tahun lalu, tercatat 120 peserta dari seluruh perwakilan APM dan industri pendukung yang mengikuti seleksi awal Miss Motor Show.

Parkir Nyaman di Lahan Tambahan
Besarnya minat masyarakat untuk mengunjungi gelaran IIMS 2014 dan melihat langsung produk terbaru serta teknologi terkini yang ditawarkan para APM membuat area pameran selalu ramai. Banyaknya pengunjung yang datang membawa kendaraan menyebabkan mereka harus rela antri untuk mendapatkan tempat parkir. Panitia menyarankan para pengunjung untuk parkir di area pameran dan tidak menggunakan area parkir liar di luar area resmi JIExpo, Kemayoran.

Bagi para pengunjung yang tidak ingin menghabiskan terlalu banyak waktu untuk mencari parkir, panitia telah menyiapkan lahan parkir tambahan yang bisa digunakan oleh pengunjung. Lahan parkir terdekat yang disediakan adalah di Mega Glodok Kemayoran dan Mangga Dua Square. Di kedua tempat ini panitia telah menyiapkan layanan free shuttle bus yang akan mengantar pengunjung ke area pameran. Sementara itu, layanan free shuttle bus di Fx Sudirman memberikan penawaran menarik berupa parkir gratis untuk 1 jam bagi para pengunjung IIMS 2014. Hal ini dilakukan demi kenyamanan pengunjung dan memudahkan mereka untuk mencapai area pameran.

Kenyamanan pengunjung juga diberikan dalam bentuk fasilitas bagi keluarga seperti layanan Kids Area yang menghadirkan berbagai mainan untuk anak hasil kerjasama dengan Toys Kingdom dan Nursery Room. Pengunjung yang hadir bersama anak-anak mereka bisa menitipkan anak di Kids Area agar lebih leluasa dalam menikmati pameran. Dengan demikian, anak dan orang tua bisa sama-sama menikmati pameran dengan nyaman. Sedangkan Nursery Room bisa memberikan privasi bagi orang tua yang datang ke pameran dengan balita mereka dan memerlukan tempat untuk merawat buah hati mereka dengan nyaman. “Syukurlah di IIMS ini ada fasilitas ruang menyusui. Buat ibu-ibu seperti saya ini, membawa bayi tentu repot jika masuk jam menyusui. Walaupun saya menyiapkan susu di botol, namun tetap saja saya membutuhkan ruang khusus supaya bayi saya nyaman,” kata Findri, seorang ibu muda dari Jakarta Selatan.
“Fasilitas dan program acara yang kami persiapkan di akhir pekan merupakan salah satu cara agar pengunjung tidak merasa bosan ketika berkunjung ke IIMS 2014. Konsistensi penyediaan fasilitas ini setiap tahun merupakan komitmen kami untuk menjadikan IIMS sebagai pameran yang ramah bagi pengunjung keluarga dan anak-anak,” jelas Abiyoso Wietono, Manajer Divisi Otomotif Dyandra Promosindo. (Dyandra)

Related posts