Senin, 24 Januari 22

Libur Nataru, Menhub Ingatkan Petugas Lapangan Tidak Lengah

Libur Nataru, Menhub Ingatkan Petugas Lapangan Tidak Lengah
* Budi berpesan kepada para petugas agar tidak lengah untuk melakukan pengawasan kegiatan liburan Nataru. (Foto: Hms Kemenhub).

Jakarta, Obsessionnews – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memberikan semangat kepada para petugas Kementerian Perhubungan yang sedang bertugas di lapangan pada hari libur Tahun Baru 2021 ini. Semangat tersebut diberikan Menhub saat melakukan tinjauan ke ke pangkalan Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) Ditjen Perhubungan Laut, di Tanjung Priok, Jakarta, Jumat (1/1).

“Ada sekitar 382 kapal penjagaan dan kurang lebih 15.000 petugas yang bertugas piket Nataru meski di hari libur, untuk memastikan keselamatan dan keamanan pelayanan angkutan Natal dan Tahun Baru . Di sini saya ingin menemani dan memberikan semangat kepada mereka bahwa tugas sebagai ASN itu memang harus dilaksanakan walaupun di hari libur. Saya lihat teman-teman sudah bekerja baik dan extraordinary di tengah pandemi,” jelas Menhub Budi Karya.

Lebih lanjut, Budi berpesan kepada para petugas agar tidak lengah untuk melakukan pengawasan agar kegiatan liburan Nataru ini berjalan dengan selamat, aman, nyaman, dan sehat dengan tetap merapkan protokol kesehatan secara ketat.

“Tugas para penjaga laut dan pantai sangat berat terlebih di masa pandemi. Mereka memiliki tugas menjaga dan melakukan rescue (penyelamatan) kepada kapal-kapal yang berlayar di laut Indonesia yang begitu luas dari Sabang sampai merauke. Mereka tidak boleh lengah dan harus mengawal pelayaran khususnya di masa Libur Natal dan Tahun baru ini denga baik,” ungkap Menhub Budi Karya Sumadi.

Menhub menambahkan, akan melakukan evaluasi terhadap Pangkalan-pangkalan KPLP, khususnya yang berbatasan dengan negara lain dari ancaman atau gangguan adanya kapal-kapal negara lain yang melanggar aturan.

“Pangkalan yang paling harus di evaluasi adalah pangkalan-pangkalan yang berbatasan dengan negara lain khususnya di daerah Batam dan sekitarnya, khususnya terkait masalah penyeludupan. Kami akan berkolaborasi dengan instansi terkait seperti Bea Cukai untuk memperkuat pengawasan di perbatasan,” ujarnya. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.