Sabtu, 28 Mei 22

Libur Lebaran, BCA Gelontorkan Uang Rp45 Triliun

Libur Lebaran, BCA Gelontorkan Uang Rp45 Triliun
* Ilustrasi uang cash.

Jakarta, Obsessionnews.com – Menyambut libur panjang lebaran Idul Fitri, PT Bank Central Asia (BCA) menggelontorkan uang sebesar Rp 45 triliun. Jumlah tersebut dinilai sudah bisa mencukupi kebutuhan nasabah untuk keperluan yang lebih besar.

“Waktu libur panjang kan sirkulasi uang mandek. Apalagi liburnya diperpanjang. Jadi harus disediakan stok-nya,” ujar Direktur BCA Santoso di Jakarta, Senin (29/5/2018) malam.

Menurut Santoso, uang tersebut akan disalurkan ke cabang-cabang BCA dan mesin anjungan tunai mandiri (ATM). Uang yang disalurkan rata-rata pecahan Rp 100.000 dan Rp 50.000. Dibandingkan tahun lalu, kata Santoso, stok pada tahun ini meningkat 8-9 persen.

Menjelang Lebaran tahun lalu, BCA menggelontorkan uang sekitar Rp 44 triliun. Kenaikan pada tahun ini, lanjut Santoso, untuk mengantisipasi agar nasabah tak kekurangan uang tunai selama menikmati liburan.

“Banyak kantor yang tutup. Uang cash ini yang biasanya mengalir lancar, karena liburan jadi tidak lancar,” kata Santoso.

Meski begitu, Santoso mengatakan peredaran uang secara keseluruhan tidak mengalami kenaikan signifikan dibandingkan setahun lalu (year on year atau yoy). “Kenaikannya hanya di bawah 5 persen,” sebut Santoso.

Terlebih lagi kata dia, transaksi nontunai juga diprediksi naik, khususnya untuk pembayaran di jalan tol, transjakarta, dan KRL. “Yang penting bagi kami (persiapan untuk) top up(uang elektronik). ATM sudah dilengkapi buat top up dari ATM,” tegas Santoso.

Mesin ATM BCA di beberapa daerah juga sudah dapat menerima setoran tunai. Sementara itu, transaksi menggunakan kartu debit juga diprediksi meningkat 20-30 persen selama mudik. “Ini jadi kunci bantu masyarakat mau top up atau setor,” kata Santoso.

Sebelumnya, pemerintah memutuskan menambah cuti bersama Lebaran pada tahun ini. Dengan penambahan itu, total libur Lebaran pada tahun ini mencapai 10 hari, yakni pada 11-20 Juni 2018. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.