Senin, 20 September 21

Lestarikan Budaya, Bakiak dan Gobak Sodor Dilombakan

Lestarikan Budaya, Bakiak dan Gobak Sodor Dilombakan
* Lomba bakikak di Surabaya. (Foto: Rudianto/Obsessionnews.com)

Surabaya, Obsessionnews – Untuk melestarikan permainan dan olah raga tradisional di era modern, Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Surabaya menggelar lomba bakiak dan gobak sodor. Hal ini dilakukan dalam rangka memperingati HUT ke-44 Korpri. Seluruh Satuan Kerja Perangkat Dinas (SKPD) wajib mengikutinya.

Kepala Dispora Surabaya Afghani Wardhana mengatakan, lomba yang diadakan di Taman Surya Jumat (20/11/2015) itu juga bisa dijadikan sarana pemanasan sebelum para pegawai kembali ke meja kerja.

“Dipilihnya lomba seperti ini untuk melestarikan kebudayaan Indonesia, terutama di bidang permainan tradisional,” kata Afghani.

Dia menambahkan acara seperti ini ternyata juga bisa untuk mengembalikan ingatan masa lalu. Terlihat banyak partisipan yang terlihat enjoy, tidak terbebani dengan beragam aturan karena sudah pernah dimainkan pada zaman dahulu.

“Lomba hari ini adalah sebagai babak penyisihan. Nantinya dari partisipan yang menang di babak penyisihan, akan melanjutkan di babak final pada Jumat 27 November 2015,” pungkasnya.

Keunikan perlombaan ini dirasakan Gianda, staf Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Pematusan Surabaya, yang sempat kewalahan bermain balap bakiak.

“Awalnya susah, tapi lama-kelamaan jadi sudah lancar. Kalau bisa sih diajak main lagi, karena seru,” jelasnya. (Rudianto)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.