Minggu, 16 Mei 21

Lestari Moerdijat Gaungkan Semangat Kartini di Masa Pandemi

Lestari Moerdijat Gaungkan Semangat Kartini di Masa Pandemi
* Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat. (Foto: Edwin B/obsessionnews)

Masyarakat juga diminta untuk memperkuat pemahaman tentang isi dan manfaat RUU PKS kepada masyarakat yang tidak sependapat dengan aturan tersebut.

Begitu pula dengan RUU PPRT yang layak mendapat perhatian. Rerie berpendapat bahwa hak warga negara sama di mata hukum, sehingga pembahasan aturan bagi PRT wajib mengedepankan prinsip keadilan.

Jumlah PRT di Indonesia berdasarkan Survei ILO dan Universitas Indonesia tahun 2015 berjumlah 4,2 juta (tren meningkat setiap tahun). Angka yang cukup besar sebagai pekerja yang selama ini tidak diakui dan dilindungi.

Secara kuantitas, jumlah PRT di Tanah Air tergolong tertinggi di dunia, jika dibandingkan beberapa negara di Asia, India 3,8 juta, dan Filipina 2,6 juta. Persentase PRT mayoritas Perempuan (84%) dan Anak (14%) yang rentan eksploitasi, berisiko terhadap human trafficking.

Tidak hanya di dalam negeri, undang-undang yang disahkan nantinya juga akan berlaku bagi PRT migran di luar negeri. Saat ini RUU PPRT berada di urutan ke13 Prolegnas 2021. Banyak pihak yang menanti RUU Perlindungan PRT disahkan menjadi undang-undang lantaran telah diperjuangkan lebih dari 16 tahun, namun belum membuahkan hasil. (Nur/WO/Poy)

Pages: 1 2 3 4 5 6

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.